PASANG PENGUMUMAN: Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memasang spanduk pengumuman, bahwa penggunaan lapangan futsal tidak ada retribusi alias gratis. DLHK menegaskan, bila ada pungutan liar (Pungli) diharapkan warga melaporkan ke nomor yang tertera di spanduk. Foto: RUBIAKTO/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menjamin masyarakatnya dapat bermain tanpa retribusi alias gratis, di fasilitas milik Pmkot Depok. Khususnya di Taman Lembah Gurame, Kecamatan Pancoranmas.

Guna kenyamanan warga menggunakan fasilitas di taman tersebut, DLHK memasang spanduk pengumuman yang berisi imbauan di lapangan futsal Taman Lembah Gurame. Isinya bahwa penggunaan lapangan futsal tidak dikenakan retribusi (gratis). Dan DLHK menegaskan, bila ada pungutan liar atau Pungli, diharapkan warga melaporkan ke nomor yang tertera di spanduk.

Kasi Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Rizal Maulana menyebutkan, tidak ada pungutan jika warga ingin bermain di fasilitas publik milik Pemkot Depok.

“Jangan mau kalau dipungut biaya, fasilitas di sini gratis. Demi kenyamanan kami pasang spanduk imbauan. Kalau ada pungli, laporkan saja. Kami pasang nomor telpon yang bisa dihubungi untuk aduan warga,” tutur Rizal kepada Radar Depok.

Dia juga mengaku, akan menindak jika ada oknum yang dengan sengaja mencari keuntungan dengan memanfaatkan fasilitas umum yang dimiliki Pemkot Depok. “Kami akan segera menindak jika memang terbukti ada oknum yang mencari keuntungan,” kata Rizal.
Pihaknya juga mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Satpol PP Kota Depok, guna mengawasi fasilitas umum yang disalahgunakan. “Kami akan segera berkoordinasi dengan Pol PP untuk menyikapi masalah tersebut,” tegas Rizal.

Dikabarkan sebelumnya, fasilitas umum yang dimiliki Pemkot Depok ternyata masih saja tidak menguntungkan bagi masyarakatnya. Betapa tidak, fasilitas publik yang seharusnya bisa dimanfaatkan secara gratis, ternyata masih dipungut biaya.

Hal tersebut terungkap seletah akun instagram @fajrindnmk mengungkap fasilitas di Taman Lembah Gurame. Dalam penuturan akun tersebut, Taman Lembah Gurame pada saat dikonsep memiliki fasilitas yang sangat menyenangkan bagi warga Kota Depok, ada lapangan futsall gratis dari Pemkot Depok.

Ada tempat parkir gratis untuk pengunjung Taman Lembah Gurame, ada kolam ikan dan ada beberapa taman yang bisa untuk dikunjungi dengan teman dan keluarga pada saat mengunjungi taman lembah gurame.

Tapi sayang, kenyataannya sangat berbeda. Fasilitas parkir gratis untuk pengunjung di tutup oleh pihak pengelola. “Fasilitas lapangan futsal yang harusnya warga Depok bisa menikmatinya dengan gratis, tapi harus merogoh kocek sebesar Rp60 ribu,” katanya.

Pantauan Radar Depok, kemarin (20/5) Taman Lembah Gurame tampak ramai, namun tidak di lapangan futsal yang berada di utara Taman Lembah Gurame.

“Setiap hari memang jarang yang main, paling anak-anak kecil saja yang main di lapangan,” kata Wahyu, salah satu pengunjung Taman Lembah Gurame. (rub)