PELAKU USAHA MIKRO : Pengurus dan anggota AIKD saat melakukan kegiatan santunan anak yatim dan duafa. Foto: INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD) mengapresiasi langkah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok yang memberikan fasilitas berupa pembinan dan pelatihan kepada para pelaku usaha mikro di Depok.

Menurut Kepala bidang sosial (Kabidsos) AIKD, Elizabeth Wijayanti Rahardjo, dengan adanya fasilitas pembinaan dan pelatihan kepada para pelaku usaha mikro dapat membantu mereka dalam mengembangkan produknya, sehingga bisa berkembang dan meningkatkan ketahanan ekonomi para pelaku usaha mikro.

“Alhamdulilah kami merasa terbantu dengan adanya fasilitas dari DKUM, apalagi anggota kami sangat membutuhkan pembinaan-pembinaan dan pelatihan di bidang pengemasan dan hak kekayaan intelektual produk kami,” ujar Eliz, sapaanya, Rabu (22/5).

Kepala DKUM Kota Depok Mohammad Fitriawan mengatakan, pihaknya memberikan fasilitas baik pembinaan maupun pelatihan kepada pelaku usaha mikro untuk mengembangkan produknya. Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan bagi mereka dalam memaksimalkan hasil produk agar mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Ia  menuturkan, DKUM memberikan pelatihan secara bergantian bagi pelaku usaha mikro setiap tahun. Dengan maksud agar nantinya seluruh pelaku usaha dapat mengimplementasikannya dalam memasarkan produk.

“Kami berikan pelatihan beberapa angkatan dengan jumlah 275 peserta setiap tahunnya,” tuturnya, belum lama ini.

Kemudian untuk wirausaha baru yang akan memulai usaha, ucap Fitriawan, mereka akan diikutsertakan mengikuti Pelatihan Keamanan Pangan (PKP) agar memperoleh sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi produk kemasan, dan layak sehat bagi penghasil makanan cepat saji. Selanjutnya, akan ditindaklanjuti dengan pelatihan kemasan produk sebagai bekal pelaku kuliner untuk memperhatikan produk yang akan dipasarkan.

“Kami juga memberikan pelatihan marketing online. Tujuannya agar pelaku usaha dapat memasarkan produknya secara online,” tambahnya.

Ia berharap dengan upaya dan fasilitas yang diberikan dapat membantu pelaku usaha mikro dalam menghasilkan dan memasarkan produknya kepada masyarakat. Tentunya sebagai langkah dalam meningkatkan perekonomian mereka di Kota Depok. (dra)