TURUT SERTA: Relawan PMI Kota Depok membantu korban yang terluka akibat aksi demo di depan kantor Bawaslu dan KPU RI, MH Thamrin, Jakarta, kemarin. Foto: SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok mengirim empat relawannya untuk membantu PMI DKI Jakarta, untuk menangani korban demonstrasi di depan Kantor Bawaslu dan KPU RI. Diperkirakan para relawan akan berada disana hingga dua hari ke depan.

Kepala Seksi Pelayanan dan Administrasi PMI Depok, Imron Maulana mengatakan, PMI DKI Jakarta sangat membutuhkan tambahan personil relawan, untuk membantu korban yang berjatuhan saat aksi demo. Sehingga PMI Depok menurunkan personil yang sudah berpengalaman di bidang penyelamatan.

“Ini hasil koordinasi dengan PMI DKI Jakarta. Mereka sangat membutuhkan bantuan tim medis, untuk itu kami lepas empat relawan untuk memberikan pertolongan pertama. Baik bagi pendemo maupun aparat,” kata Imron kepada Radar Depok, kemarin (22/5).

Para relawan yang bertugas, lanjut Imron, tidak menutup kemungkinan akan berada disana melesat dari waktu yang telah ditetapkan. Pasalnya dari sejak kedatangan, peran mereka sangat membantu mobilitas PMI DKI Jakarta.

Selain berpengalaman, relawan PMI Depok juga dibekali dengan peralatan pertolongan pertama yang mumpuni. Bersamaan dengan mereka, juga ada mobil ambulans lengkap dengan alat dan obat untuk pertolongan pertama.

Sementara itu, Kepala PMI Depok, Dudi Mi’raz mengungkapkan, sebagai seorang relawan sudah sepatutnya siap membantu saat dibutuhkan. Maka dari itu, PMI Depok terus memberikan pelatihan terkait pertolongan pertama untuk relawan.

“Insyaallah setiap instansi dan wilayah lain yang membutuhkan kita akan siap turun dan ikut serta,” ungkapnya.

Dudi juga berharap, suasana di lokasi sekitar MH Thamrin, Jakarta tetap kondusif. Sehingga tidak ada lagi korban yang berjatuhan dalam peristiwa tersebut. “Harapannya tidak ada korban jiwa, sifat kami hanya bersiaga. Kami siap menjadi yang terdepan,” pungkas Dudi. (san)