MERIAHNYA PESANTREN RAMADAN: Para guru dan siswa SMK YAJ Cilodong berfoto bersama usai mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan. Giat tersebut berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (22-23/5). Foto: SMK YAJ FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Guna memeriahkan bulan suci Ramadan, SMK YAJ Cilodong Kota Depok kembali menggelar event Pesantren Ramadan, yang berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (22-23/5). Pesantren Ramadan tahun ini mengambil tema Kokohkan Hati dengan Iman Taklukkan Dunia dengan Alquran.

Ketua Panitia Pesantren Ramadan, SMK YAJ Cilodong, Yusuf Zamzani Ation menyebutkan, tujuan pesantren Ramadan di SMK YAJ, di antaranya membiasakan siswa melakukan pembiasaan keagamaan dan melaksanakan nilai keagamaan. Kemudian sebagai media introspeksi diri atau muhasabah.

“Serta agar terbentuk dan tercipta sedini mungkin melaksanakan amalan-amalan Sunnah yang diajarkan Nabi, hingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Yusuf kepada Radar Depok.

Sementara Kepala SMK YAJ Cilodong, Idham Khalid mengatakan, Ramadan merupakan bulan mulia dan penuh berkah. Karena pada bulan Ramadan Allah SWT menurunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia, dan Ia melipat gandakan nilai pahala amal manusia.

“Ramadan merupakan momen yang tepat bagi kita untuk memperbanyak amal kebaikan. Baik dalam bentuk ibadah langsung kepada Allah SWT, maupun yang tersalur melalui kegiatan yang bernilai sosial,” ucap Idham.

Selain itu, Ramadan juga sebagai sarana introspeksi diri dan mereformasi diri, untuk lebih meningkatkan kepekaan serta kepedulian terhadap sesama. “Ini semua bagian dari ajaran Nabi yang perlu diaplikasikan sejak dini. Hasil pesantren Ramadan ini siswa bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” tutup Idham.

Perlu diketahui, kegiatan Pesantren Ramadan di SMK YAJ Cilodong diisi kegiatan Salat Dhuha, Tadarus Alquran, Hafalan Alquran, Salat Berjamaah, Games berupa tebak surat pendek dan sambung ayat Alquran, setoran hafalan Alquran, Hadorot, Kultum, dan diakhiri dengan buka puasa bersama seluruh warga SMK YAJ.  (gun)