DOK DISKOMINFO KOTA DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok memberikan pelatihan menghias hantaran pernikahan kepada 20 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Uniknya, para PMKS tersebut adalah kelompok lanjut usia (lansia) dari Kelurahan Bojong Pondok Terong.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Depok, Dodi Rustyandi mengatakan, pelatihan dilakukan di aula masjid kelurahan. Pelatihan digelar selama seminggu berturut-turut.

“Dinsos membawa instruktur yang ahli dalam membuat kerajinan. Pemilihan keterampilan juga berdasarkan minat para lansia,” ungkapnya, Rabu (22/5).

Dirinya menjelaskan, pelatihan kepada lansia adalah kegiatan rutin, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah program terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Dengan pelatihan ini, Dinsos berharap para lansia semakin produktif di usia senjanya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, dalam pelatihan para lansia diberikan keahlian, peralatan, konsumsi, dan sertifikat yang semuanya gratis dari Pemkot Depok. Setelah memberikan pelatihan, Dinsos Depok juga akan melakukan monitoring kepada para lansia di bulan September 2019.

“Pelatihan ini adalah upaya pemerintah dalam bentuk pemberdayaan lansia, agar memiliki kegiatan yang bermanfaat. Kemudian agar berkompetensi dalam mengatasi masalah hidup, untuk bisa berusaha dengan keterampilan yang dimiliki,” ucapnya. (san/**)