MOMEN: Kepala SMPN 4 Depok, Hudaya bersama dengan siswa-siswanya yang mengenakan pakaian profesi dalam rangka Hardiknas. Foto: SMPN 4 DEPOK FOR RADAR DEPOK
MOMEN: Kepala SMPN 4 Depok, Hudaya bersama dengan siswa-siswanya yang mengenakan pakaian profesi dalam rangka Hardiknas. Foto: SMPN 4 DEPOK FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Momen Hari Pendidikan Nasional yang dirayakan seluruh penggiat pendidikan di Indonesia, merambah juga ke SMPN 4 Depok. Guru dan siswa di SMPN yang berlokasi di Jalan Merdeka, Kecamatan Sukmajaya tersebut membuat sebuah kegiatan pentas seni. Bahkan siswanya mengenakan pakaian dari berbagai macam profesi.

LAPORAN : PEBRI MULYA

Suasana di lapangan SMPN 4 Depok berbeda dari biasa-biasanya. Meskipun bukan hari Senin, tetapi semua siswa dan guru-gurunya berkumpul di lapangan dan menggelar upacara bendera. Tampilan yang tidak biasa lainnya, yakni yang menjadi petugas upacaranya adalah guru-guru dari SMPN 4 Depok.

Kepala SMPN 4 Depok, Hudaya mengatakan, upacara bendera yang diadakannya kemarin, adalah bagian dari serangkaian kegiatan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Oleh karena itu, pihaknya menyuguhkan hal yang berbeda dari biasanya, yakni guru yang menjadi petugas upacaranya.

Baca Juga  SDN Anyelir 1 Sebar 270 Paket Sembako

“Kami ingin memberikan teladan untuk siswa, jadi menunjukan kalau guru juga memiliki semangat untuk dunia pendidikan, yang bisa memberikan dampak positif untuk semangat siswa juga,” ucapnya.

Hudaya menjelaskan, setelah upacara bendera diadakan juga sertifikat penghargaan dari sekolah untuk siswa dan pembina yang berhasil memperoleh prestasi juara dalam berbagai kegiatan perlombaan. Itu semua untuk memberikan motivasi kepada siswa untuk melakukan yang lebih baik lagi kedepannya, dan juga untuk siswa yang lainnya agar bisa semangat untuk meraih prestasi.

“Prestasi yang diraih siswa tentunya tidak hanya menjadi kebanggan untuk siswa itu sendiri saja, tetapi juga untuk orang tua dan sekolah. Jadi, kami memberikan apresiasi untuk mereka,” terangnya.

Baca Juga  Mekarjaya Jalankan Program Sapa Sekolah di SMP 4 Depok

Sementara itu, Pembina OSIS SMPN 4 Depok, Asri Khaerunnisa menuturkan, beralih ke siswanya juga mengenakan pakaian yang tidak biasa, yakni mereka mengenakan berbagai pakaian profesi. Tidak hanya sekedar mengenakan saja, tetapi siswa juga mengikuti lomba fashion show.

“Hal ini untuk merepresentasikan apa yang menjadi cita-cita mereka (siswa), jadi sekolah memberikan mewadahinya dan memberikan semangat untuk mereka,” katanya.

Sementara itu di Panggung Prestasi Pasmer, ada penampilan solo vocal, membaca esay, MTQ, story telling, dongeng sunda, pupuh, dan hiburan spontan lainnya. (*)