Kecam Penyalahgunaan Simbol UI

In Utama

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Buntut dari adanya pihak yang menggunakan simbol Universitas Indonesia (UI) untuk kepentingan politik praktis yang menamakan Tritura 2019, UI Bergerak Bersama Rakyat. Maka pihak UI mengecam keras dugaan penyalahgunaan simbol-simbol UI yang tidak sah.

Juru Bicara Khusus UI, Gandjar Laksmana menegaskan, penggunaan atribut dan simbol-simbol UI termaktub dalam Peraturan Rektor UI Nomor 058 tahun 2017 tentang penggunaan Nama, Logo, dan atau Merek UI.

“Kami sampaikan bahwa penggunaan nama dan kegiatan tersebut tidak ada kaitan sama sekali dengan UI secara kelembagaan. Dan karenanya tidak berhak mengatasnamakan UI,” ucap Gandjar dalam keterangan tertulis yang diterima Radar Depok, Selasa (14/5).

UI menegaskan bahwa setiap elemen sivitas akademika, baik mahasiswa, tenaga pengajar, tenaga kependidikan, dan alumni tidak diperkenankan menggunakan nama, logo, simbol dan atribut UI untuk kepentingan politik tertentu.

“Mari bersama-sama kita jaga netralitas institusi pendidikan kita, dan bersama menjaga kampus UI agar bebas dari segala bentuk politik praktis,” tegas Gandjar.

UI akan menempuh jalur hukum guna mempertanggungjawabkan dugaan penggunaan simbol UI untuk kepentingan politik praktis.

“Sesuai dengan Peraturan Rektor UI, UI akan menempuh proses hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Gandjar.

Sikap ini ditempuh UI menyusl seruan aksi untuk membongkar kecurangan Pemilu. Dalam maklumat yang disebar melalui pesan berantai tersebut tertulis “UI Bergerak Bersama Rakyat, Titura 2019”. Adapun sejumlah tempat menjadi sasaran aksi, yaitu Komnas HAM, Gedung DPR, dan berakhir di Grand Sahid. (gun)

You may also read!

Reza Indragiri Amriel.

Waspada Kriminalitas Mewabah di Depok

Reza Indragiri Amriel.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Satu persatu tidak kriminalitas mulai tumbuh di Kota Depok. Di

Read More...
mohammad idris baju ungu

Ada 40.423 KK yang Terima Bantuan di Depok

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 40.423 Kepala

Read More...
warga depok terkena virus

Data IDI : Di Indonesia 1.000 Orang Meninggal Terkait Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Data pasien positif Korona yang meninggal antara yang diumumkan Pemerintah berbeda dengan

Read More...

Mobile Sliding Menu