TINJAU: Pemerintah Kota Depok meninjau UMKM Sheila Fresh, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Jumat (24/5). Foto: DICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGANBARU – Tidak dapat disepelekan, keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mendongrak potensi wilayah dan pendapatan suatu daerah. Untuk itu, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, akan berusaha melakukan pendampingan kepada UMKM lokal untuk meningkatkan usaha.

Sekretaris Kelurahan Sawangan Baru, Fajar Mei Hendri mengatakan, UMKM merupakan salah satu sektor terpenting dalam pengembangan wilayah. Terlebih, UMKM dapat membantu Pemerintah Kota Depok untuk memiliki keunggulan dalam produk lokal yang nantinya dapat mengenalkan keluar wilayah Depok.

“Pemkot tengah melirik UMKM Sheila Fresh asal Kelurahan Sawangan Baru untuk dijadikan produk unggulan,” ujar Fajar kepada Radar Depok, kemarin.

Fajar menjelaskan, mengingat potensi UMKM Kelurahan Sawangan Baru akan berusaha memberikan dukungan dan pendampingan kepada masyarakat pelaku UMKM dalam mengambangkan usahanya. Kelurahan Sawangan Baru mendorong UMKM untuk tertib administrasi, salah satunya terkait perizinan baik dalam bangunan maupun industri.

Fajar menuturkan, UMKM secara tidak langsung dapat membuka lapangan pekerjaan. Tidak sedikit pelaku UMKM di Kota Depok khususnya Kelurahan Sawangan Baru, banyak mempekerjakan masyarakat sekitar lingkungan. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat mengurangi jumlah pengangguran karena memberikan dampak positif kepada lingkungan.

“Semoga UMKM diwilayah Kelurahan Sawangan Baru dapat memberikan warna dan dampak positif kepada lingkungan maupun Pemkot Depok,” tutup Fajar. (dic)