RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – SMA Muhammadiyah 7 Sawangan mengadakan kegiatan pesantren kilat (sanlat) di momen Bulan Ramadan. Dimana, kegiatan yang diadakan dua hari dari 20-21 Mei 2019 tersebut, diikuti seluruh siswa dari kelas X dan XI di SMA yang berlokasi di Jalan Abdul Wahab, Kecamatan Sawangan.

Kepala SMA Muhammadiyah 7 Sawangan, Sahril Sidik mengatakan, kegiatan sanlat adalah kegiatan yang selalu diadakan tiap tahunnya di Bulan Ramadan. Jadi, kegiatan sanlat tersebut adalah bagian dari program keagamaan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa.

“Total ada 160 siswa dari kelas X dan XI yang ikut serta dalam kegiatan sanlat selama dua hari,” ucapnya kepada Radar Depok.

Sahril menuturkan, dalam pemberian materi, pihaknya melibatkan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka). Jadi, melibatkan pihak luar sekolah untuk penguatan akhlak, jadi siswa mendapatkan suasana dan ilmu baru. Tentunya materi yang disampaikan sesuai dengan tema kegiatan tersebut.

“Kami mengusung tema menguatkan karakter Islami pelajar Muhammadiyah, dan materi yang disampaikan tidak jauh dari maksud tema tersebut,” tuturnya.

Sahril menjelaskan, untuk dua hari kegiatan sanlat diawali dengan kegiatan Salat Duha bersama-sama, lalu ada kegiatan tadarus bersama, dan pengumpulan donasi yang akan diserahkan ke lembaga sosial. Sedangkan dari serangkaian kegiatan tersebut, di hari kedua, ditutup dengan buka puasa bersama.

“Kegiatan sanlat ini untuk menguatkan karakter siswa yang berlandaskan pada nilai-nilai kebaikan. Karena, Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh kebaikan dalam nilai-nilai keagamaan,” jelasnya. (peb)