PERNYATAAN : Walikota Depok Mohammad Idris, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Kapolresta Depok Kombes Didik Sugiarto, Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangke Allo, Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna, dan sejumlah perwakilan partai, membacakan deklarasi Pemilu 2011 damai, di Mapolresta Depok, kemarin (21/5). INSERT : Forkopimda Kota Depok menunjukan kekompakan mereka. Foto: RICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK Pasca pengumuman keputusan hasil penghitungan suara Pemilu 2019 oleh KPU RI. Walikota Depok, Mohammad Idris meminta agar warga Kota Sejuta Maulid dapat menerima keputusan yang ditetapkan lembaga negara tersebut.

Hal tersebut disampaikan usai mengikuti buka puasa bersama dan rekonsilisasi sesama anak bangsa pasca tahapan pemungutan suasa dan rekapitulasi perolehan suara, dalam rangka memelihara situasi kamtibmas Kota Depok, aman, damai, sejak dan kondusif, di Polresta Depok, Selasa (21/5).

“Ini untuk tetap menerima apapun keputusan yang diumumkan KPU. Makanya, imbauan saya agar masyarakat tenang, tidak mencemaskan saudaranya yang lain di Kota Depok, karena pihak Kepolisian sudah berupaya mengamankan dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga, kita hargai itu, kita saling menghormati dan balik kembali dan satukan langkah, khususnya di Kota Depok,” tutur Idris kepada Radar Depok.

Meski belum mendapat laporan ada organisasi atau warga Depok yang ikut aksi unjuk rasa pada 22 Mei, ia berharap agar mereka tidak mudah terprovokasi, menjaga diri dan namanya aksi damai harus damai benar dan menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita susah juga untuk melarang, yang jelas kami meminta untuk menjaga kondusifitas dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bersama. secara pribadi, saya sendiri besok (22 Mei) mengadakan acara buka puasa bersama masyarakat,” paparnya.

Kapolresta Depok, Kombes Didik Sugiarto mengaku pihaknya akan mengamankan setiap aktifitas masyarakat, termasuk momentum rekapitulasi tingkat nasional. Personel yang akan diterjunkan bakal disesuaikan dengan kegiatan masyarakat.

“Yang jelas polisi sudah menyiapkan personel, baik di titik aktifitas masyarakat, kemudian sentral perbelanjaan. Kami imbau kepada masyarakat untuk melakukan aktifitas yang kondusif,” ucap dia.

Lebih lanjut, pihaknya akan meningkatkan penjagaan di pusat keramaian masyarakat, salah satunya stasiun kereta. Disana nantinya akan ditempat sejumlah personel polisi. “Ada ribuan anggota yang kami turunkan,” tandasnya. (cky)

Butir Deklarasi Pemilu Damai Forkopimda Kota Depok :

  1. Merawat kebhinekaan dan merajut kembali persaudaraan dan persatuan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.
  2. Mendukung, mengawal, dan mengamankan semua tahapan pemilu serentak 2019 yang diselenggarakan secara konstitusional dan sesuai aturan hukum yang berlaku.
  3. Menolak secara tegas hoaks, ujaran kebencian, intoleransi, dan radikalisme serta menjaga Kota Depok selalu aman, nyaman, unggul, dan religius.