ASYIK MEMBACA: Salah satu pengunjung sedang membaca buku di Perpustakaan Umum Kota Depok. Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mengisi waktu puasa di bulan ramadan, ternyata Perpustakaan Umum Kota Depok paling diminati pengunjung. Selain tempatnya yang nyaman, adem, dan jauh dari kebisingan. Koleksi buku-buku yang cukup memadai dan variatif pun menjadi alasan pengunjung datang ke perpustakaan milik Pemerintah Kota Depok tersebut.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, masyarakat Kota Depok umumnya remaja banyak menghabiskan waktu saat puasa dengan membaca buku di Perpustakaan Umum. Sekaligus ngabuburit dengan hal positif dan menambah pengetahuan.

“Alhamdulillah banyak yang berkunjung ke Perpustakaan saat bulan puasa begini. Kebanyakan yang datang anak-anak sampai remaja mereka baca buku sesuai dengan keinginannya,” kata Siti kepada Radar Depok, kemarin (24/5).

Siti menerangkan, buku novel paling banyak diminati pengunjung yang membaca di perpustakaan. Selain dibaca ditempat, tak sedikit juga yang meminjam buku itu untuk diteruskan membaca di rumah.

Tidak hanya novel yang diminati pengunjung, buku tentang agama, buku anak berupa cerita dan dongeng, buku tentang ilmu alam, serta buku sejarah juga banyak dibaca pengunjung.

“Buku yang diminati bervariasi, dari buku anak hingga buku pengetahuan,” ujarnya.

Selama ramadan jam operasional Perpustakaan Umum Kota Depok mengalami perubahan jadwal. Sebanyak 890 pengunjung sudah terdata di perpustakaan selama ramadan.

“Ada perubahan jadwal di kami. Namun tidak menyurutkan minat masyarakat. Setiap harinya ada setidaknya 40 orang yang berkunjung, data yang ada sekitar 890 orang di bulan ini,” jelasnya.

Siti mengimbau kepada semua masyarakat untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Perpustakaan Umum Kota Depok. Selain itu juga dapat menggunakan layanan digital library tanpa harus datang ke perpustakaan untuk menikmati koleksi buku yang tersedia.

Untuk diketahui, selama Ramadan jam buka Perpustakaan Umum Kota Depok untuk hari Senin hingga Kamis pukul 08.00 – 14.00 WIB. Sedangkan untuk hari Jumat pukul 08.00 – 14.30 WIB. Kemudian hari Sabtu dan Minggu, akan tetap buka pukul 08.00 – 14.00 WIB. (san)