KONTROL: Penjaga pintu air Kali Pesanggarahan, Cecep (kiri) melakukan pengotrolan air Kali Pesanggrahan, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, kemarin. Foto: DICKY/RADARDEPOK
KONTROL: Penjaga pintu air Kali Pesanggarahan, Cecep (kiri) melakukan pengotrolan air Kali Pesanggrahan, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, kemarin. Foto: DICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGANBARU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok akan segera melakukan perbaikan pintu air Kali Pesanggrahan, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan. Kerusakan pintu air yang sudah terjadi sejak setahun, akan dilakukan perbaikan pada tahun ini.

Sekretaris DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, untuk membuat normal kembali jalannya air Kali Pesanggrahan, DPUPR Kota Depok akan segera melakukan perbaikan pintu air Kali Pesanggrahan. Menurutnya, perbaikan tersebut untuk memfungsikan kembali bak penguras yang mengalami kerusakan, sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal.

“Akan segera dilakukan perbaikan dengan menggunakan anggaran tahun 2019,” ujar Citra kepada Radar Depok, kemarin.

Citra menjelaskan, DPUPR Kota Depok tengah berkonsentrasi melaksanakan pekerjaan untuk meminimalisir terjadinya banjir. Pekerjaan tersebut meliputi dengan melakukan normalisasi kali, situ, hingga perbaikan turap yang mengalami kerusakan akibat curah hujan tinggi sehingga membuat debit air meningkat didalam saluran kali.

Citra mengapresiasi terhadap masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dengan melakukan perbaikan saluran maupun merawat saluran. Menurutnya, DPUPR Kota Depok memiliki keterbatasan dalam melaksanakan tugas, sehingga butuh partisipasi masyarakat. Menurutnya dengan begitu masyarakat memiliki rasa saling memiliki dan mengerti pentingnya menjaga dan merawat saluran air.

“Kami akan selalu berusaha untuk bekerja maksimal dan melakukan pengawasan untuk kepentingan masyarakat,” tutup Citra. (dic)