KEBERSAMAAN : Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kota Depok berswafoto usai Tarawih Keliling di Masjid AlAzhar Grand Depok City, Cilodong. Foto: SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Bulan ramadan merupakan waktu yang tepat dimanfaatkan umat muslim mengumpulkan amal soleh untuk meraih keberkahan. Hal itu senada dengan yang diimbau oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kota Depok, Achmad Solechan. Dia meminta supaya umat Islam meresapi indahnya melaksanakan kegiatan keagamaan pada bulan suci Ramadan.

“Betapa hikmat dan indahnya ibadah Ramadan di Indonesia. Suasana penuh tradisi yang hanya bisa dijumpai selama bulan puasa,” kata Solechan kepada Radar Depok di Masjid Al Azhar Grand Depok City, Cilodong.

Dalam kegiatan Safari Ramadan, sebelumnya diisi dengan tarawih keliling selepas salat ashar dan dilanjut Mauidzoh Hasanah setelah tarawih. Menurut Solechan, nikmat menjalankan ibadah di Indonesia terkait erat dengan perjuangan para wali yang diomandoi walisongo di masa lalu.

“Seperti tradisi menghormati sesepuh, pejuang, dan leluhur atas nikmat beragama Islam merupakan hal yang masih dipelihara di Indonesia, termasuk Kota Depok,” tuturnya.

Di akhir acara, Solechan menyampaikan pesan damai selama bulan Ramadan, yakni bagimana menyadari Islam di Indonesia memiliki keistimewaan serta keindahan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Salah satunya tidak ada pelarangan pelaksanaan ibadah oleh negara.

“Kebebasan ibadah dijamin negara, kegiatan Ramadan tanpa terkecuali. Tidak ada pemerintah itu menzolimi dan melakukan penistaan pada umat Islam. Tidak ada atas nama kegiatan Ramadan dilarang negara. Mau mengaji tengah malam dengan pengeras suara, membangunkan sahur meski di sekelilingnya non muslim itu semua tidak ada larangannya,” pungkas Solechan.

Dalam kegiatan Tarling PCNU dimulai sejak 10-29 Mei 2019. kegiatan ini sekaligus wadah silaturahmi dengan masyarakat sekaligus mewujudkan Kota Depok yang religius. (san)