RADARDEPOK.COM, DEPOK– Guna mengantisipasi banjir yang kerap terjadi di Kota Depok. Bidang Sumber Daya Air  (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Depok, menjamin kenyaman masyarakat, dari ancaman banjir. Dua tahun kedepan bidang SDA fokus melakukan normalisasi, dan perbaikan Drainase.

Kepala Bidang SDA, Dinas PUPR Kota Depok, Denny Setiawan mengatakan, permasalahan banjir memang harus dilakukan secara bersama-sama. Sehingga menghasilkan penanganan banjir yang maksimal.

Denny menjelaskan,  pada tahun 2019, dan 2020 akan fokus mengerjakan normalisasi seluruh situ yang ada di Kota Depok sebagai wadah penampungan air. “Kami masih fokus untuk menangani normalisasi seluruh Situ yang ada, sebagai sarana parkir air,” kata Denny kepada Radar Depok, kemarin.

Dia mengaku, dalam melakukan normalisasi situ pihaknya juga bekerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta guna mengatasi banjir Jakarta.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan segera memperbaiki drainase yang ada di Kota Depok. “Mengingat banyak drainase yang tidak berfungsi dengan normal, kami juga akan segera perbaiki drainase di Kota Depok, khusunya di daerah yang rawan banjir,” terang Denny.

Meski demikian, penanganan situ di kawasan depok merupakan kewenangan pemerintah pusat sesuai dengan peraturan mentri Pekerjaan Umum nomor 14 tahun 2015.

SDA menurutnya, sudah melakukan pembersihan secara berkala, terkait sampah yang masih menumpuk pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). (rub)