MASIH AKTIF BELAJAR: Siswa SMP Negeri 6 Depok mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan guna mengisi waktu kosong setelah PAT, kemarin (23/5). Foto: SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah selesai melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) semester 2 pekan lalu. Siswa SD hingga SMA di Kota Depok akan memasuki libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Dalam surat yang ditentukan Dinas Pendidikan Kota Depok, siswa akan libur selama dua minggu, dimulai 2 Juni sampai 16 Juni 2019.

Kepala Seksi Bidang Kurikulum dan Penilaian SD, Suhyana mengatakan, kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah untuk jenjang SD berakhir pada 29 Mei 2019. Sehingga terhitung mulai Senin 2 Juni 2019 baik kepala sekolah, guru, dan siswa persiapan libur Lebaran.

“KBM selesai 29 Mei tapi dihitung liburnya mulai 2 Juni 2019. Siswa libur selama kurang lebih 2 minggu, sedangkan guru 10 Juni 2019 sudah masuk sesuai imbauan Walikota,” kata Suhyana kepada Radar Depok, di Balaikota, Kamis (23/5).

Dia menerangkan, sambil menunggu waktu libur. Masing-masing sekolah mengadakan kegiatan yang berbeda, seperti di antaranya Pesantren Ramadan, Ekstrakurikuler, Bakti Sosial, dan lain sebagainya.

Setelah libur Hari Raya Idul Fitri, kepala sekolah dan guru sudah ditunggu segudang pekerjaan. Seperti pengisian rapot, pembuatan kurikulum untuk KBM tahun ajaran baru, dan kegiatan lainnya.

Hal senada juga diungkapkan Kasie Kurikulum dan Penilaian SMP, Muhammad Yusuf. Dia menyebut, bahwa siswa dan guru akan mulai libur lebaran pada 2 Juni 2019. Sehingga diperkirakan sekolah akan kosong dalam waktu satu minggu.

Namun Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, lanjut Yusuf, telah mengeluarkan instruksi. Agar selama libur Lebaran, sekolah tetap dijaga ketat oleh warga sekolahnya termasuk satpam.

“Selama libur sekolah satpam pasti akan tetap masuk kerja. Selain itu, guru harus piket bergantian pada siang hari sambil mengerjakan tugas yang belum terselesaikan. Kepala sekolah pun begitu harus memantau selalu ke sekolah, jangan sampai kosong tidak berpenghuni,” terang Yusuf.

Terpisah, Kepala SDN Bojongsari 4, Rahwana menuturkan, pihaknya akan melakukan sesuai instruksi Kepala Disidik Depok. Dimana selama libur lebaran akan piket bergantian antar guru dan kepala sekolah, guna menjaga keamanan sekolah.

“Ya kita akan piket bergantian nanti ada jadwalnya juga. Jadi sekolah tidak akan kosong begitu saja, akan terus terpantau,” tutup Rahwana. (san)