RANGKUL: Kanit Binmas Polsek Sawangan, AKP Mariana sambangi warga di wilayah Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin. Foto: DICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Polsek Sawangan secara persuasif menggandeng masyarakat untuk menciptakan ketertiban umum dan kondusifitas masyarakat. Melalui peran Bhabinkamtibmas, Polsek Sawangan berusaha lebih dekat bersama masyarakat untuk menumbuhkan persepsi polisi merupakan sahabat masyarakat.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Disalah satu rumah tokoh masyarakat diwilayah Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, terlihat anggota kepolisian dari Polsek Sawangan dan Polresta Depok berbincang akrab. Ternyata kegiatan tersebut merupakan tugas anggota kepolisian melakukan sambang masyarakat.

Kanit Binmas Polsek Sawangan, AKP Mariana mengatakan, kedekatan lebih dalam perlu dilakukan Polsek Sawangan untuk membangun silahturahmi dan kebersamaan antara kepolisian dengan masyarakat. Hal itu untuk meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat bahwa kepolisian dekat dengan masyarakat.

“Tugas kami berusaha melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat,” ujar perempuan berhijab tersebut.

Sambang masyarakat yang dilakukan Polsek Sawangan, lanjut Mariana untuk menunjukan dan membuktikan bahwa polisi merupakan sahabat masyarakat. Bahkan, Polsek Sawangan telah memberikan tugas untuk membantu masyarakat, yakni melalui Bhabinkamtibmas yang ditugaskan ditiap kelurahan di Kecamatan Sawangan dan Bojongsari.

Mariana menuturkan, kedekatan polisi dan masyarakat dapat mencegah gangguan kamtibmas dan menjaga kondusifitas masyarakat. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan atau berkaitan dengan kriminalitas, masyarakat dapat menghubungi Polsek Sawangan maupun berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas. Dengan begitu, gangguan kamtibmas dapat ditangkal sedini mungkin dilingkungan masyarakat.

“Kebersamaan masyarakat dengan polisi sangat diperlukan untuk menciptakan kondusifitas masyarakat,” tutup Mariana. (*)