Beranda Metropolis Cegah Kekerasan Anak dan Perempuan

Cegah Kekerasan Anak dan Perempuan

0
Cegah Kekerasan Anak dan Perempuan
PENANGANAN: Dinas Kesehatan Kota Depok meberikan pembekalan tentang kemampuan dalam menangani kasus kekerasan kepada petugas puskesmas, kemarin (20/6). Foto : SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Seorang pekerja profesional hendaknya selalu dibekali pengetahuan baru baik tentang keprofesiannya dan juga di luar bidang tersebut. Seperti dilakukan Dinas Kesehatan Kota Depok membekali petugas puskesmas tentang penanganan korban kekerasan pada anak dan perempuan, kemarin (20/6).

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Depok, Eti Rohati mengatakan, pembekalan kemampuan tersebut bertujuan agar para petugas puskesmas dapat memberikan pendampingan dan penanganan sedari dini kepada korban kekerasan. Mengingat, tenaga kesehatan merupakan basis terdepan dalam menerima kasus tersebut.

“Tenaga kesehatan harus dapat menangani permasalahan ini agar anak dan perempuan yang mengalami kekerasan dapat segera disembuhkan baik fisik maupun mentalnya,” ucapnya.

Eti menuturkan, kasus kekerasan pada anak dan perempuan harus segera diatasi serta ditangani oleh tenaga kesehatan yang profesional. Karena dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang yang dapat berakibat pada kematian.

“Kekerasan yang dialami oleh anak-anak juga dapat mempengaruhi kesehatan, kemampuan belajar serta keinginan untuk belajar,” tuturnya.

Dia berharap dengan pembinaan yang akan rutin dilakukan ini seluruh ptenaga kesehatan dapat menangani korban kekerasan pada anak dan perempuan. Supaya kedepannya para korban dapat beraktivitas kembali dan tidak mengalami gangguan kesehatan.

“Semoga tenaga kesehatan dapat melakukan deteksi dini, dan mendampingi korban kekerasan untuk terbebas dari gangguan fisik dan mental,” tangkas Eti. (san)