Disdukcapil Diserbu Pemburu Legalisir

In Metropolis

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ratusan warga memadati ruang pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok, kemarin (12/6). Mereka sedang mengurus legalisir berkas-berkas untuk keperluan persyaratan untuk Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB), yang akan dimulai pada akhir Juni.

Kepala Seksi Pendaftaran Penduduk, Jaka Susanta mengatakan, setiap menjelang PPDB selalu ada peningkatan jumlah warga yang datang ke ruang pelayanan. Khususnya mengurus berkas persyaratan untuk anaknya masuk sekolah, seperti legalisir Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Menjelang PPDB sudah rutinitas kami melayani lebih dari 200 berkas yang dilegalisir, biasanya paling hanya 10 atau 20 berkas sekarang naik 100 persen,” kata Jaka kepada Radar Depok, di Gedung Dibaleka II, Rabu (12/5).

Dia menjelaskan, karena membludaknya permintaan masyarakat, pihaknya sampai harus mengeluarkan tenaga ekstra. Karena setiap satu pengajuan (per orang), bisa sampai 25 lembar berkas yang mesti dicap (legalisir).

Sehingga pengerjaan yang seharusnya diselesaikan di kantor, terpaksa sampai dibawa pulang oleh pegawai pelayanan. “Jadi biasanya langsung selesai beberapa menit saja, ini bisa sampai ditinggal dulu besok kembali lagi untuk mengambil berkas legalisirnya. Karena saking membludaknya permintaan dari masyarakat,” jelas Jaka.

Selain permohonan legalisir, ruang pelayanan Disdukcapil juga mulai dipenuhi oleh warga yang mengajukan berkas pindah datang dan pindah keluar. Dimana tercatat pada kedua loket itu, sebanyak 36 pengajuan pindah datang dan 68 pindah keluar.

Kepala Seksi Pindah Datang Disdukcapil Depok, Purwadi mengungkapkan, pasca Idul Fitri biasanya memang terjadi lonjakan pengajuan, baik masyarakat yang hendak tinggal menetap atau keluar dari Kota Depok.

“Sudah hari ketiga loket pelayanan kami buka pasca libur Lebaran saya lihat masih relatif kondusif tidak terlalu signifikan. Biasanya perhari itu bisa mencapai 50 berkas pengajuan untuk keduanya,” ungkapnya.

Apabila masyarakat yang hendak mengajukan legalisir KTP, KK, dan Akta Kelahiran atau mengajukan pindah datang dan pindah keluar, dapat mendatangi ruang pelayanan Disdukcapil Depok di lantai 1 Gedung Dibaleka 2.

“Loket pelayanan dibuka mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Petugas kami akan senantiasa melayani masyarakat dengan aman dan nyaman,” pungkas Purwadi. (san)

 

Pelayanan Disdukcapil Pasca Lebaran:

– Didominasi kepengurusan berkas untuk PPDB 2019

– Legalisir KK, KTP, dan Akta Kelahiran

– Dalam satu hari mencapai lebih dari 200 berkas yang dilegalisir

 

Pelayanan Lainnya:

– Loket Pindah datang dan pindah keluar juga dipenuhi masyarakat

– Per 12 Juni 2019: 68 mengajukan berkas pindah keluar Depok

– 36 berkas untuk pindah datang ke Depok

– Biasanya perhari sekitar 30-60 berkas pengajuan yang masuk

 

Jam Operasional Pelayanan:

– di Gedung Dibaleka Lantai 1 Balaikota Depok

– 08:00 15:00 WIB

You may also read!

mohammad idris baju ungu

Ada 40.423 KK yang Terima Bantuan di Depok

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 40.423 Kepala

Read More...
warga depok terkena virus

Data IDI : Di Indonesia 1.000 Orang Meninggal Terkait Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Data pasien positif Korona yang meninggal antara yang diumumkan Pemerintah berbeda dengan

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Minggu (19/04) Tambah 327 Positif Korona, Berikut Penyebarannya

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Pemerintah mengumumkan penambahan kasus positif virus Corona di wilayah Indonesia. Per Minggu

Read More...

Mobile Sliding Menu