Beranda Metropolis Gaji Ke-13 PNS Segera Cair

Gaji Ke-13 PNS Segera Cair

0
Gaji Ke-13 PNS Segera Cair
BERAKTIFITAS: Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) beraktifitas usai melakukan apel pagi di Balaikota Depok. Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Awal Juli 2019 para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Depok bakal segera menerima Gaji ke-13. Hal itu bersamaan dengan tahun ajaran baru sekolah. Namun, uang tersebut tampaknya tidak akan dicairkan bersamaan dengan gaji reguler PNS.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Nina Suzana menegaskan, gaji ke-13 akan dicairkan pada tanggal 3 atau 4 Juli 2019. Guna melengkapi hal itu, Pemkot Depok telah menyiapkan anggaran sebesar Rp30 miliar yang akan dibayarkan kepada seluruh PNS.

Tetapi, hingga kini pihak BKD masih menunggu pengajuan jumlah pegawai dari masing-masing perangkat daerah.

“Nominalnya hampir sama dengan THR kemarin sekitar Rp30 miliaran, tapi dicairkannya antara 3 atau 4 Juli 2019,” kata Nina kepada Radar Depok, di Balaikota, Selasa (18/6).

Pemberian gaji ke-13 ini merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019. Disebutkan, gaji ke-13 yang diberikan setara penghasilan Juni. Dimana rinciannya, gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tambahan penghasilan pegawai (TPP).

“Masing-masing pegawai akan mendapatkan gaji yang berbeda tergantung golongan mereka,” tegas Nina.

Nina menuturkan, biasanya gaji ke-13 diberikan pertengah bulan namun karena tahun ini agak sedikit berbeda mengikuti arahan dari Kementerian Keuangan. Sebab gaji ke-13 ini ditujukan untuk membantu pegawai dalam menyiapkan kebutuhan menjelang anak-anak masuk sekolah.

“Uangnya sudah siap karena mengingat waktu semakin dekat, tinggal kami menunggu pengajuan dari masing-masing perangkat daerah saja,” tutur Nina.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, jumlah PNS yang terdaftar dalam basis data kepegawaian sebanyak 6.757 orang. Data tersebut sudah termasuk dengan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 237 orang.

“Jumlah pegawai kami yang terdata hingga Juni 2019 ada 6.757 orang dan sudah termasuk CPNS,” ujar Sekretaris BKPSDM Kota Depok, Mary Liziawati. (san)