Beranda Politika Gerindra Godok Caleg Terpilih untuk AKD

Gerindra Godok Caleg Terpilih untuk AKD

0
Gerindra Godok Caleg Terpilih untuk AKD
KONSOLIDASI : Pembina dan Pengurus DPC Partai Gerindra Kota Depok sedang melakukan rapat konsolidasi. Foto : RICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK Usai meraih kursi signifikan pada Pileg 2019. DPC Partai Gerindra Kota Depok tengah menggodok formula untuk alat kelengkapan dewan (AKD) kepada caleg terpilih di DPRD Kota Depok.

“Saat ini kami menunggu pelantikan (Anggota DPRD Kota Depok.red) saja pada 3 September, sambil berkordinasi untuk penempatan para dewan sesuai dengan kemampuan di bidang masing-masing, per komisi saja dan AKD lainnya,” kata Ketua Harian DPC Partai Gerindra Kota Depok, Jamaludin kepada Radar Depok, kemarin (19/6).

Sedangkan untuk unsur pimpinan DPRD, prosesnya dilakukan di DPP oleh Tim 7. Berkaca dari 2014, siapa yang menjadi ketua fraksi dan unsur pimpinan DPRD, penentuannya di DPP. Sehingga, di tingkat DPC hanya menerima hasil saja.

“Pertimbangnya hanya DPP yang tahu, mekanismenya DPP yang punya aturan. Sama seperti rekomendasi untuk Pilkada, hal seperti itu tetap dibawa ke DPP. Tapi, kami tetap memberikan masukan,” paparnya.

Dia melanjutkan, jika tidak memberi masukan pun, Depok sangat dekat dengan Jakarta. Sehingga banyak pengurus DPP yang tinggal di Depok dan bisa memantau langsung kondisi di Depok.

“Sampai dengan saat ini, belum ada nama yang kami usulkan. Terakhir rapat 26 Mei kemarin, hanya membahas terkait Pilkada. Tapi, terkait siapa ketua fraksi dan unsur pimpinan DPRD kami tidak bahas. Biasanya DPP sendiri yang memutuskan,” katanya pria yang akrab disapa Jamal ini.

Ia mencontohkan, saat ini ada 10 Caleg yang terpilih. Nanti, tahu-tahu sudah muncul nama-nama untuk Wakil Ketua DPRD-nya dan siapa ketua fraksi DPRD Kota Depok. “Itu ranahnya di DPP. Sedangkan untuk AKD, seperti Ketua Komisi atau ketua apa di DPRD itu diserahkan ke DPC. Kami juga masih lobi-lobi dengan partai lain terkait AKD, nanti kesepakatannya apa dan kita dapat ketua atau wakil komisi apa,” tegasnya.

Berdasarkan pengalaman periode sebelumnya, Jamal menambahkan, biasanya seminggu sebelum pelantikan anggota DPRD sudah turun nama-namanya untuk diumumkan saat pelantikan.

“Namun, ketika DPC diminta untuk merekomendasikan nama untuk Ketua Fraksi dan unsur pimpinan DPRD, kami akan melakukan rapat. Tapi, kalau tidak diperintah dan sudah muncul, kami tidak ada rapat lagi,” pungkasnya. (cky)