GOW Bantu Wujudkan Perempuan Berkualitas

In Metropolis

PENETAPAN: Ketua GOW Kota Depok, Asri Mulyanita (dua kanan) memaparkan pembahasan rencana kerja dalam Rakerda 2019, di Aula Teratai, Balaikota Depok, Rabu (26/6). Foto : SANI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Perempuan Kota Depok yang terkoordinasi dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW), akan meningkatkan sinergitasnya dengan Pemkot Depok. Itu dilakukan demi mewujudkan perempuan yang mandiri dan berkualitas. Rencana tersebut, dibahas dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2019 di Aula Teratai, Balaikota Depok, Rabu (26/6).

Ketua GOW Kota Depok, Asri Mulyanita mengatakan, sinergitas dari 42 organisasi yang tergabung di GOW sangat dibutuhkan, untuk mendongkrak tingkat kualitas perempuan di Kota Depok. Misalnya, melalui program ketahanan keluarga. GOW dapat berkolaborasi dengan organisasi wanita lainnya, untuk meningkatkan produktifitas atau keahlian dalam hidupnya.

“Misal yang tadinya perempuan itu tidak memiliki usaha untuk dongkrak ekonomi jadi terbesit untuk wanita mandiri. Karena peran perempuan jadi kepala keluarga di Depok ini juga tinggi, untuk itu GOW akan bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan peran perempuan dalam segala aspek,” kata Asri kepada Harian Radar Depok.

Asri menyebut, kesetaraan antara perempuan dan laki-laki di Kota Depok juga masih terbilang minim. Guna mengatasi satu persatu persoalan yang terjadi di lingkungan, GOW akan memberdayakan para anggota organisasinya untuk mendeteksi dan mengedukasi perempuan setempat.

“Pekerjaan rumah (PR) pemerintah ini banyak, jadi kita harus bantu di bidang perempuannya sebagai organisasi perempuan. Kita sebagai organisasi tidak hanya bermanfaat untuk organisasi sendiri, tetapi juga dapat bermanfaat untuk organiasi yang lain, masyarakat serta kepada pemerintah,” ujarnya.

Pembahasan lainnya di Rakerda ini, GOW dalam setahun kedepan akan berupaya membentuk koordinator di masing-masing kecamatan untuk memudahkan pergerakan dan sinergi GOW dengan masyarakat. Misalnya memberikan kontribusi masukan kepada GOW tingkat kota terkiat permasalahan yang ada di masing-masing wilayah.

“Kita ingin buat posko-posko di setiap kecamatan agar dapat mendeteksi dengan cepat dan fokus pada permasalahan di lingkungan tersebut. Namun juga akan diiringi dengan adanya kader-kader di masing-masing posko. Jadi kita tunjukkan peran GOW sesungguhnya itu apa,” papar Asri.

Asri menjelaskan, Rakerda 2019 merupakan rapat kerja tahunan ke dua dalam masa kepemimpinannya. Dia berharap adanya gerbrakan yang variatif dari masing-masing anggota GOW untuk peningkatan kualitas perempuan di Kota Depok.

“Kami memohon kepada Pemkot depok untuk segera mendirikan Gedung Wanita. Karena kami juga salah satu mitra yang membantu proses kinerja pemerintah dalam mewujudkan perempuan yang mandiri dan berkualitas,” pungkas Asri. (san)

You may also read!

perumahan sawangan elok fogiing

Perumahan Sawangan Elok Difogging : Warga Apresiasi Kuda Depok

SEMBURKAN ASAP : Anggota Kuda Depok sedang mengasapi lingkungan perumahan Sawangan Elok, di Kelurahan Duren

Read More...
XL axiata direksi baru

XL Axiata Tetapkan Susunan Direksi Baru

RUPSLB : (ki-ka) Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Direktur &

Read More...
puskesmas cimanggis roadshow

Puskesmas Cimanggis Roadshow Gema Lawan Covid-19

SOSIALISASI : UPTD Puskesmas Cimanggis melakukan roadshow Gerakan Bersama (Gema) Lawan Covid-19, di Posyandu Bhakti,

Read More...

Mobile Sliding Menu