Harjamukti Bakal Adakan Kontes Cupang Nasional

In Satelit Depok

PERSIAPAN : Fasilitator, Panitia penyelenggara dan Ketua RT03/03 Kelurahan Harjamukti berfoto usai rapat persiapan Lomba Ikan Cupang bertajuk Halal Bihalal Betta Kontes di Jalan H. Apit No.15 RT03/03 Kelurahan Harjamukti, Cimanggis, Rabu (26/6). Foto : RICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kota Depok boleh berbangga hati. Pasalnya, kota berjuluk sejuta maulid ini bakal menggelar lomba ikan cupang hias level nasional yang bertajuk Halal Bihalal Betta Kontes di  Jalan H. Apit No.15 RT03/03 Kelurahan Harjamukti, Cimanggis pada 29-30 Juni.

Agenda akbar garapan dari gabungan Klub Ikan Cupang di Kota Depok yang dinamakan Paguyuban Cupang Depok (PCD) tersebut bakal diikuti seluruh pecinta ikan cupang dari beberapa kabupaten/kota berbagai provinsi di Indonesia.

Ketua Panitia, H. Zahriar Rahman menuturkan, kontes tersebut akan mempertandingkan jenis ikan cupang hias, diantaranya crowntail, halfmoon, plakat, baby crowntail, giant, baby halfmoon dan baby plakat.

“Ada sekitar 40 kelas yang dilombakan, “ tutur pria yang akrab disapa H. Bintang oleh kalangan pecinta ikan cupang ini.

Pendaftarannya, kata H. Bintang, dumulai 29 Juni pukul 14.00 WIB s/d 30 Juni 02.00 WIB dan penjurian dimulai 30 Juni pukul 10.00 WIB. Sedangkan, sistem penjuriannya mengacu pada SNI, dimana perhitungan poin, juara 1 dapat 15 poin, juata 2 dapat 7 poin, juara 3 dapat 3 poin dan Grand Champion dapat 30 poin.

“Biaya pendaftarannya Rp55 ribu per ekor. Sedangkan pemenangnya akan mendapatkan hadiah berupa trofi dan uang perawatan, dimana juara 1 Rp100 ribu, juara 2 Rp75 ribu, juara 3 Rp60 ribu, Grand Champion Rp300 ribu dan juara umum Rp750 ribu,” katanya.

Mengingat kontes ikan cupang hias banyak diminati dan terdapat puluhan klub ikan cupang di Kota Depok, ia memperkirakan kontes tersebut bakal diikuti 600 ekor ikan cupang lebih. Kemudian, sambung dia, peserta yang datang juga bisa dari berbagai provinsi di Jabar.

“Kontes ini kan ramai, memang mayoritas peserta nanti dari Jawa, tapi ada juga yang bakal datang dari Sumatra, Kalimanta dan lainnya. Biasannya peserta kadang tidak datang, mereka hanya mengirim cupang-cupangnya yang akan ikut kontes,” paparnya.

H. Bintang menambahkan, kontes tersebut perdana digelar di Kelurahan Harjamukti. Bahkan, di Kota Depok sendiri, terakhir diadakan 2011 lalu dan tidak pernah ada lagi setelahnya.

“Sejak 2011 belum ada lagi. Dulu diadakan di Balaikota Depok dan bekerjasama dengan Pemkot Depok, panitia disupport anggaran dari Pemkot senilai Rp16 juta. Itu ramai diikuti 600 ikan lebih. Semoga, kontes di Harjamukti nanti berjalan sukses dan lebih ramai,” ucapnya.

Sementara, fasilitator kontes tersebut, H. Whisnu Dana Fajar yang juga pemerhati ikan Cupang asal Depok ini mengapresiasi panitia yang ingin menggelar even akbar tersebut. Pasalnya, pasca 2011, praktis tidak ada lagi kontes serupa dan menghadirkan ratusan peserta.

“Padahal ini dapat menjadi ikon dan jika dikelola dengan managemen yang bagus serta didukung Pemkot Depok, bisa menjadi agenda wisata tahunan untuk turis domestik maupun mancanegara untuk datang ke Depok,” kata Whisnu.

Untuk itu, ia berharap, kedepannya ada kerjasama dan dukungan dari Pemkot Depok. Sehingga, dapat diselenggarakan di pusat kota dengan skala lebih besar dan makin banyak peserta yang mendaftar kontes.

“Ini dapat menjadi magnet untuk Kota Depok dan bisa menumbuhkembangkan sektor perikanan dan perekonomian,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua RT03/03 Kelurahan Harjamukti, Cimanggis, Nasrullah mengaku bangga wilayahnya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kontes skala nasional. Tentunya, hal ini dapat mendongkrak popularitas wilayah disamping ikon yang sudah melekat di lokasi tersebut.

“Di sini kan sering dipakai untuk lokasi syuting, jadi ada yang bilang Kampung Sinetron. Sekarang, bisa merambah untuk kontes ikan cupang hias. Semoga bisa berjalan sukses dan dihadiri pejabat dari Kota Depok untuk membuka even tersebut,” ucap Nasrullah. (cky)

You may also read!

pradi ngobrol sama nenek

Pradi Didoakan Nenek Usia 106 Tahun

SUNGKEM : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat sungkem ke Mak Naimah nenek

Read More...
imam bertemu pendukung

Idris-Imam Selalu Tepati Janji Kampanye

DUKUNGAN : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat sosialisasi di

Read More...
maksimal nikah di KUA

Nikah di KUA Maksimal 10 Orang

Kepala KUA Beji, Dede Nasip.   RADARDEPOK.COM, BEJI – Pandemi Covid-19 benar-benar merusak segala sendi kehidupan. Bikin

Read More...

Mobile Sliding Menu