Jabar Mau Guyur Depok Puluhan Miliar

In Politika

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kota Depok bakal mendapatkan bantuan provinsi puluhan miliar untuk penataan wilayahnya. Hal tersebut diungkapkan Anggota DPRD Jabar HM. Hasbullah Rahmad kepada Radar Depok, Jumat (21/6).

Hasbullah yang juga Ketua Harian DPW PAN Jabar ini merinci, bantuan yang diberikan untuk penanganan tanggul Kali Laya di Kelurahan Tugu, Cimanggis senilai Rp2 Miliar.

“Kan hampir tiap tahun jebol, tentu itu menjadi perhatian provinsi. Karena itu kan berbicara aliran air, dari Situ Pengarengan,” kata Hasbullah.

Kemudian, lanjut Hasbullah, Jabar juga memberikan bantuan untuk penataan Situ Rawa Kalong yang nilainya cukup besar, yakni sekitar Rp32 miliar lebih, dimana nilai proyek yang ditenderkan sebesar Rp29,5 miliar.

“Kalau total termasuk operasional OPD-nya hingga Rp32 miliar. Ini dikucurkan dari provinsi,” lanjut legislator yang akrab disapa bang Has ini.

Ia berharap, Situ Rawa Kalong yang terdapat di Kelurahan Curug, Cimanggis ini menjadi prototipe agar kedepan, Depok dapat menata situ menjadi lebih baik. Sehingga, situ semakin baik dan memiliki manfaat tidak hanya sebagai fungsi resapan dan penampungan air, tetapi juga ada sisi ekonominya.

“Dalam Perda Perubahan RTRW yang sedang kami bahas, kami juga memuat pasal terkait situ, bantaran sungai dan kali. Kami berharap seperti situ tidak hanya menjadi tandon air. Tetapi, kedepan bisa dimanfaatkan sebagai daerah potensi wisata yang ramah terhadap fungsi air itu sendiri,” tutur Hasbullah yang masuk dalam Pansus Perda Perubahan Tata Ruang Wilayah Jabar DPRD Jabar ini.

Selanjutnya, Pemprov Jabar melakukan kajian untuk mengusulkan dua fly over, yakni di Jalan Kartini dan Jalan Citayam. Ia berharap kajian di tahun ini dapat rampung dan di 2020 bisa diusulkan penganggarannya ke DPRD.

Selain itu, Jabar juga memberikan bantuan untuk menangani persampahan di Kota Depok. Sebab, TPA Cipayung saat ini sudah overload dan Jabar sendiri tengah membangun TPA Regional Jabar Nambo di Citeureup.

“Jika sudah jadi, maka Depok bisa membuang sampah di Nambo, bersama Kota Bogor, Kabupaten Bogor, termasuk Tangerang Selatan,” ucap bang Has. (cky)

You may also read!

perumahan sawangan elok fogiing

Perumahan Sawangan Elok Difogging : Warga Apresiasi Kuda Depok

SEMBURKAN ASAP : Anggota Kuda Depok sedang mengasapi lingkungan perumahan Sawangan Elok, di Kelurahan Duren

Read More...
XL axiata direksi baru

XL Axiata Tetapkan Susunan Direksi Baru

RUPSLB : (ki-ka) Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Direktur &

Read More...
puskesmas cimanggis roadshow

Puskesmas Cimanggis Roadshow Gema Lawan Covid-19

SOSIALISASI : UPTD Puskesmas Cimanggis melakukan roadshow Gerakan Bersama (Gema) Lawan Covid-19, di Posyandu Bhakti,

Read More...

Mobile Sliding Menu