Beranda Pendidikan Jambore Kwaran Tapos Diikuti Ratusan Anggotanya

Jambore Kwaran Tapos Diikuti Ratusan Anggotanya

0
Jambore Kwaran Tapos Diikuti Ratusan Anggotanya
KARAKTER: Jambore Ranting Kwaran Tapos 2019 diadakan kegiatan berkuda untuk para pesertanya. (INSERT) Ketua Kwarcab Kota Depok, Nina Suzana turut hadir dalam pembukaan kegiatannya. Foto : PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Kwaran Kecamatan Tapos mengadakan Jambore Ranting Kwaran Tapos 2019 di Lapangan Pondok Pesantren Muroza, Jalan Pekapuran Bakti ABRI, Gg Swadaya, Kecamatan Tapos. Dimana, dalam kegiatan tersebut diikuti beberapa gugus depan (gudep) dari jenjang pendidikan SD sampai dengan SMP di kawasan Kwaran Tapos.

Sekretaris Panitia, Rusliyana Suganda mengatakan, tujuan dari Jambore Ranting Kwaran Tapos untuk membentuk pramuka yang berjiwa mandiri, bersatu dan berperstasi. Selain itu, untuk mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas, keimanan, dan ketakwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berjiwa pancaslia.

“Kegiatannya perkemahannya berlangsung tiga hari dua malam. Mereka menginap dengan menggunakan tenda yang mereka bawa,” ucapnya.

Rusli menuturkan, kegiatan-kegiatan di Jambore Ranting Kwaran Tapo 2019 menggunakan metode permainan, diskusi, demonstrasi, dan simulai. Jadi ada kegiata keagamaan, sosial, pengetahuan, ketrampilan, ketangkasan, apresiasi dan kreasi seni, serta olahraga dan kesehatan.

“Tiap Gudep mengirimkan satu regu putra dan satu regu putri. Dimana, tiap regunya terdiri dari delapan orang yang memiliki Kartu Tanda Anggota Pramuka yang masih aktif,” jelasnya.

Rusli menjelaskan, untuk rincian kegiatannya ada penjelasan tentang pengetahuan berlalu lintas, pemadaman api, dan kepramukaan. Lalu untuk ketrampilan ada kegiatan membatik, menyamblon, dan hasta karya. Bahkan ada juga kegiatan ketangkasan, yakni berkuda, memanah dan wide game.

“Semoga kegiatan yang diadakan selama jambore bisa berguna untuk para peserta, dan bisa membentuk kepribadian yang baik,” jelasnya. (peb)