Beranda Satelit Depok Kebersihan jadi Permasalahan Pondok Jaya

Kebersihan jadi Permasalahan Pondok Jaya

0
Kebersihan jadi Permasalahan Pondok Jaya
BERTINDAK : Koordinator Ecovillage, Joko didampingi Lurah Pondok Jaya saat memberikan materi dalam merumuskan masalah lingkungan, di Aula Kantor Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung, Rabu (19/6). Foto : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Kebersihan lingkungan masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemimpin wilayah dan pemangku kebijakan di daerah mana saja. Hal ini juga yang dialami oleh Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung.

Hal tersebut disampaikan Lurah Pondok Jaya, Mulyadi di sela-sela seminar yang diadakan Komunitas lingkungan Ecovillage di Aula Kantor Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung, Rabu (19/6)

“Ya ini pertemuan ke 7, ada 8 kali pertemuan. Secara garis besar sudah kelihatan permasalahannya, yaitu kebersihan. Sampah mengganggu drainase, sanitasi, dan lainnya,” jelas Lurah Pondok Jaya, Mulyadi, Rabu (19/6).

Mulyadi mengatakan, nantinya harus ada suatu tindakan nyata setelah mendapat rumusan masalah dari 7 pertemuan yang saat ini sedang berlangsung. Dari sejumlah RW yang terdapat di Pondok Jaya, RW 03 menjadi kategori yang diperhatian khusus.

“Karena memang lokasi tepat berada di bantaran Kali Ciliwung, ini menyebabkan di sana masih kurang disiplin dalam menjaga lingkungan sekitarnya,” paparnya.

Sementara, Koordinator Ecovillage, Joko menerangka,n ada dua tahapan yang diberikan kepada warga untuk mengenali serta memberikan solusi. Tiap tahapan ada 7 sesi pertemuan.

“Tiap tahapan ada 7 pertemuan, totalnya ada 14 pertemuan untuk warga bisa memberdayakan permasalahan lingkungan menjadi manfaat untuk dirinya dan lingkungan sekitar. Salah satunya dimulai dari keluarga yang dapat memilah sampah yang bisa menghasilkan, dan mana yang tidak,” terang Joko diruang kantor Lurah Pondok Jaya.

Hingga saat ini, Ecovillage telah menjemput bola guna mendapat permasalah yang ada di setiap RW, dengan mengadakan beberapa pertemuan kemarin diRW03 dan RW04.

“Warga harus berani bergerak, karenaapa yang dilakukannya pasti bermanfaat untuk dia dan lingkungan sekitarnya. Tidak ada warga yang diciptakan tidak bermanfaat semua pasti bermanfaat, Insya Allah,” pungkasnya. (arn)