Beranda Metropolis Kontraktor Diduga Abaikan Keselamatan Kerja

Kontraktor Diduga Abaikan Keselamatan Kerja

0
Kontraktor Diduga Abaikan Keselamatan Kerja

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kontraktor Jalan Tol Dpeok-Antasari (Desari) diduga telah mengabaikan keselamatan kerja. Pasalnya pekerja yang membangun fly over di Jalan Jalan Pendowo Raya, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo tidak menggunakan helm dan alat pengaman.
PT Girder Indonesia (PT GI) sub kontraktor PT Citra Waspphutowa (PT CW) yang membangun Jalan Tol Desari yang membentang dari Jalan Pangeran Antasari/Jalan TB Simatupang/Tol JORR hingga ke Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo diduga telah mengabaikan keselamatan pekerja.
Diketahui, dalam pekerjaan proyek jalan tol yang menggunakan alat berat sangat dibutuhkan demi keselamatan pekerja.

Pantauan Radar Depok di lokasi, Senin (17/6) dua orang pekerja sedang menaiki tiang pancang untuk membangun fly over tanpa menggunakan tali pengaman. Keduanya juga tampak tidak mengenakan helm proyek.
Sementara itu, warga kelurahan Grogol, Heri (43) juga mengaku kerap melihat pekerja proyek yang tidak menggunakan alat keselamatan kerja.

“Tidak hanya sekali, beberapa kali memang saya suka lihat mereka tidak pakai helm saat kerja,” katanya.
Menurutnya, pihak kontraktor sebaiknya memperhatikan keselamatan kerja para pegawainya. “Kalau kecelakaan bisa bahaya,” tukas Heri kepada Radar Depok.
Terpisah, Koordinator Lapangan PT GI, Suripto mengaku, pekerja yang tidak menggunakan alat lengkap merupakan pekerja yang bandel. Dan ia telah menegur pekerja yang bandel tersebut.
“Wah itu pekerja yang bandel, safety patrol langsung muter dan memberhentikan pekerjanya,” kata Suripto.
Terpisah Lurah Grogol, Danudi Amin mengaku sudah menyurati pihak kontraktor Tol, lantaran dampak pembangunan tol menyebabkan tiga RT di wilayahnya kekeringan.

“Kami meminta agar pihak kontraktor mau mendengar keluhan warga kelurahan Grogol,” singkat Danudi Amin. (rub)