Beranda Metropolis Koper Jamaah Diberi Tanda

Koper Jamaah Diberi Tanda

0
Koper Jamaah Diberi Tanda
KEMBALI DENGAN SELAMAT : Sejumlah jamaah haji asal Kota Depok saat tiba di Halaman Balaikota Depok, Rabu (5/9). Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK Buat jamaah haji Kota Depok yang akan berangkat di 2019. Jangan ulangi kebiasaan lama, dengan memberi stiker, atau tali berwarna untuk kopernya.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok sudah menyiapkan tanda pengenal bagasi dan koper bagi jemaah haji. Karena itu, jemaah tidak perlu lagi menempel tanda lain di koper, selain tanda yang diberikan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

“Jamaah tidak perlu menempel tanda pengenal lain pada koper bawaannya. Cukup gunakan penanda yang telah ditetapkan secara nasional,” kata Kasi Haji Kemenag Kota Depok, Hasan Basri kepada Radar Depok, kemarin (19/6).

Langkah ini, kata dia, dilakukam guna memudahkan petugas di bandara untuk mengatur bagasi jamaah sebelum diantar ke hotel. Petugas akan mengetahui ketentuan tanda koper yang telah ditetapkan Pemerintah Indonesia.

Ia menambahkan, yang memilah koper dan bagasi jamaah di bandara adalah petugas dari Arab Saudi, bukan dari petugas Indonesia. Jadi jangan sampai mereka bingung karena terlalu banyak warna sebagai tanda di koper.

“Terutama kloter-kloter awal. Harus disiapkan agar tanda bagasi jemaah sesuai dengan ketentuan dalam edaran. Jamaah jangan membuat tanda dan warna selain ketentuan, agar tidak menyulitkan petugas. Koper juga jangan dipasang jaring, karena akan menyulitkan dan sering menyangkut,” kata Hasan.

Menurutnya, kemenag juga telah menyampaikan surat edaran kepada calon jamaah. Sesuai dengan aturan transisi, koper tidak diikat dengan tali atau jaring, tetapi diberi penanda berisi sabuk dengan warna yang berbeda sesuai rombongan dalam kloternya.

Setiap kloter akan dibagi dalam 10 rombongan dengan penanda warna berurutan dari rombongan 1 – 10 : merah, kuning, biru, coklat, hijau, putih, oranye, ungu, hitam, hitam, dan merah muda.

Koper jemaah yang akan berangkat pada gelombang pertama, diberi identitas warna putih, nama dan nomor hotel, dan nomor rombongan. “Informasi terkait nama dan nomor hotel, serta nomor rombongan dapat diperoleh di KUA,” katanya.

Sedangkan, untuk jemaah yang berangkat gelombang kedua, diberi identitas warna sesuai warna sektor yang dinamai, nama dan nomor hotel, dan nomor rombongan.

Jamaah haji Indonesia terbagi dalam 11 sektor di Mekah dengan urutan warna dari 1 – 11, sebagai berikut : hijau, abu-abu, ungu, merah muda, putih, kuning, merah, biru muda, biru muda, coklat, dan hitam.

Dia juga berpesan agar siapkan barang yang penting untuk dibawa. Pilah barang yang bisa dibawa ke kabin dan bagasi, misalnya obat-obatan disiapkan secukupnya untuk dibawa ke kabin, selebihnya di koper saja. Khusus jemaah gelombang kedua disiapkan kain ihram di tas kabin atau dipakai sejak di embarkasi.

Sementara itu, salah satu pengelola travel haji di Depok, Habib Idrus Al Gadri mengatakan, selama ini belum ada kendala dalam mempersiapkan keberangkatan jamaah haji. Pembagian kloter pun belum dilakukan oleh panitia.

“Selama ini kami hanya menunggu, belum ada masalah, jika ada kendala kami akan langsung melaporkan ke panitia,” pungkasnya. (rub)

Aturan Koper Buat Jamaah Haji :

– Dilarang menempel tanda pengenal lain pada koper bawaannya.

– Gunakan penanda yang telah ditetapkan secara nasional.

– Aturan ini untuk memudahkan petugas Arab Saudi untuk memilah koper dan bagasi jamaah Indonesia.

– Koper juga jangan dipasang jaring, karena akan menyulitkan dan sering menyangkut,” kata Hasan.

– Setiap kloter akan dibagi dalam 10 rombongan dengan penanda warna berurutan dari rombongan 1 – 10 : merah, kuning, biru, coklat, hijau, putih, oranye, ungu, hitam, hitam, dan merah muda.

– Koper jemaah yang akan berangkat pada gelombang pertama, diberi identitas warna putih, nama dan nomor hotel, dan nomor rombongan.

– Jamaah yang berangkat gelombang kedua, diberi identitas warna sesuai warna sektor yang dinamai, nama dan nomor hotel, dan nomor rombongan.

– Jamaah haji Indonesia terbagi dalam 11 sektor di Mekah dengan urutan warna dari 1 – 11, sebagai berikut : hijau, abu-abu, ungu, merah muda, putih, kuning, merah, biru muda, biru muda, coklat, dan hitam.

– Jamaah diminta siapkan barang yang penting untuk dibawa. Pilah barang yang bisa dibawa ke kabin dan bagasi, misalnya obat-obatan disiapkan secukupnya untuk dibawa ke kabin.