Masalah Persampahan, Bangun 4 TPA Regional

In Politika
Foto : Hasbullah Rahmad

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK- Penanganan sampah di Kota Depok akan semakin baik. Pasalnya, Pemprov Jabar membantu pengangkutan persampahan di kota sejuta maulid dengan membangun  TPA Regional Jawa Barat, Nambo di Citeureup.

Laporan : Ricky Juliansyah

Saat ini TPA Cipayung yang terdapat di Kecamatan Cipayung sudah overload dan tidak bisa menampung volume sampah lebih banyak lagi. Bahkan, sudah harus membuka TPA lain untuk menjadi muara sampah-sampah warga kota sejuta maulid.

Kabar baik tersebut datang dari Anggota DPRD Jabar, HM Hasbullah Rahmad saat berbincang-bincang dengan awak Radar Depok, terkait bantuan yang akan digelontorkan Pemprov Jabar untuk membangun Kota Depok.

“Pemprov Jabar tengah membangun TPA Regional Jawa Barat di Nambo, Citeureup,” kata Hasbullah.

Politikus PAN yang saat ini menjabat sebagai Ketua Harian DPW PAN Jabar ini mengungkapkan, jika TPA Regional yang di Nambo, Citeureup sudah rampung, maka Depok sudah dapat membuang sampahnya ke sana.

Dengan teknologi yang dimiliki TPA Regional Nambo, dari total sampah yang masuk, sambung pria yang akrab disapa bang Has ini, hanya menyisakan residu 10 persen, dimana yang lainnya diolah menjadi briket bahan bakar pengganti batu bara.

“Selebihnya kita giling untuk dijadikan briket pengganti batu bara. Berbeda dengan sistem sanitasi landfiil itu kan ditumpuk dan ditutup dengan tanah, lama-lama kan seperti gunung,” tuturnya.

Sedangkan di Legok Nangka, dikembangkan TPA Regional Jabar untuk pembangkit energi tenaga listrik. Kemudian, yang ketiga di Cirebon dan terakhir di Karawang/Purwakarta.

Jadi, Jabar kedepannya akan memiliki 4 TPA Regional yang menampung buangan sampah kabupaten/kota di regional TPA yang dibangun.

“Seperti di Nambo, menampung sampah untuk Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok dan Tangerang Selatan,” ucap bang Has. (*)

You may also read!

jembatan wadas amblas

Jembatan Wadas Siap Ambruk

HATI-HATI : Warga sekitar menunjukan pembatas jembatan yang ambruk, di Jalan Wadas Raya, RT2/14, Kelurahan/Kecamatan

Read More...
kampung KB bojongsari

Solidaritas Pengurus Kampung KB RW14 Bojongsari : Bersihkan Lingkungan, Usung Tema CLBK

KOMPAK : Pengurus Kampung KB RW14 Kelurahan Bojongsari, disela kerjabakti mereka. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR

Read More...
deklarasi afifah golkar

Program Pradi-Afifah Berobat Pakai KTP Ditunggu Masyarakat

DUKUNG : PD AMPG Kota Depok menyerahkan surat dukungan kepada Calon Wakil Walikota Depok nomor

Read More...

Mobile Sliding Menu