Beranda Satelit Depok Pasar Tugu Menuju Tertib Ukur

Pasar Tugu Menuju Tertib Ukur

0
Pasar Tugu Menuju Tertib Ukur
TERA ULANG : Petugas UPTD Metrologi Kota Depok sedang mentera ulang sembilan unit alat timbang di Pasar Tugu. Foto : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Tugu, Cimanggis, selangkah lagi menyandang predikat Pasar Tertib Ukur. Hal itu terlihat dari hasil evaluasi kegiatan tera ulang alat timbang yang ada di Pasar Tugu oleh Balai Standarisasi Metrologi Legal Regional 2 Jogjakarta, Rabu (19/6).

Kepada Radar Depok, Kepala UPT Pasar Tugu, Ikhwan Nasution mengatakan, dari 88 alat timbang yang diuji, hanya 9 alat timbang yang dinyatakan belum dilakukan tera ulang.

Adapun jenis – jenis timbangan yang ditera ulang antara lain,timbangan pegas, timbangan kodok, timbangan dacin, timbangan digital, dan lain – lain.

“Jadi pada saat tera ulang bulan November kemarin, pedagang pemilik alat timbangan itu tidak berdagang, jadi tidak sempat ditera oleh UPTD Metrologi Kota Depok,” kata Ikhwan, sapaannya di Pasar Tugu, Jumat (21/6).

Untuk mengatasi hasil evaluasi tersebut, pihaknya sudah mengundang UPTD Metrologi Kota Depok untuk menera ulang 9 timbangan, agar hasilnya segera dilaporkan kepada  Balai Standarisasi Metrologi Legal Regional 2 Jogjakarta.

“Sekarang sudah ditera ulang kesembilan timbangan tersebut, nantinya UPTD Metrologi akan mengirimkan laporan tersebut,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD Metrologi Kota Depok, Sarmadi mengatakan, seluruh alat ukur di UPT Pasar Tugu sudah disidang tera 100 persen sehingga bisa dikatakan secara kasat mata pasar itu sudah tertib ukur.

“Kalau kita lihat hasil sidangnya dengan tera ulang yang kita lakukan kepada 9 alat timbang ini, sangat layak dikatakan Pasar Tugu sudah berpredikat tertib ukur. hanya saja kita harus menunggu hasil evaluasi dari Jogja,” ujarnya.

Dia memperkirakan, Pasar Tugu akan mendapat gelar pasar Tertib Ukur pada akhir tahun nanti, setelah hasil evaluasi dari Jogjakarta keluar.

“Tinggal tunggu seremoninya saja ini mah,” tutupnya. (dra)