Beranda Metropolis Petani Amerika Motivasi Siswa SMPN 2

Petani Amerika Motivasi Siswa SMPN 2

0
Petani Amerika Motivasi Siswa SMPN 2
INSPIRATIF : Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna (kanan) menerima cendramata berupa buku Haiqal’s Garden dari Syarif Syaifullah (kiri) petani teladan negeri Paman Sam, USA di aula SMPN 2 Depok, Jalan Bangu Raya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Rabu (17/6). Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Seorang Petani sukses di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat memberikan semangat dan motivasi kepada siswa di SMP Negeri 2 Depok dalam program Kelas Inspirasi, kemarin (19/6).

Siapa sangka ternyata petani sederhana dan inspirator tersebut adalah warga asli Kota Depok yang bertempat tinggal di Kecamatan Cipayung.

Namanya Syarif Syaifulloh dan istrinya Ummu Hani White. Mereka berdua warga Depok yang menetap dan tinggal di Philadelphia, Amerika Serikat. Kedatangan mereka ke SMPN 2 Depok guna memotivasi peserta didik dalam menanamkan impian sekaligus cara meraihnya.

“Saya seorang petani di Amerika Serikat yang tidak memperjual-belikan hasil sayuran yang telah saya tanam, tetapi dibagikan secara gratis kepada Diaspora dan masyarakat setempat,” kata Syarif kepada Radar Depok.

Pria berusia 50 tahun ini merupakan alumni SMP Negeri 2 Depok tahun 1986. Setelah menetap selama 18 tahun disana, Syarif kini dikenal dengan Bapak Tani.

Selama presentasi dia memaparkan cerita kehidupannya dihadapan siswa, salah satu yang menarik Syarif memiliki kebun seluas 100 meter persegi yang diisi dengan sayuran organik asal Indonesia.

“Latarbelakang saya adalah seniman disamping jadi petani, saya juga bekerja sebagai koki di salah satu rumah sakit anak di Philadelphia. Menjadi petani karena keterpaksaan dan juga hobi untuk keberlangsungan hidup selama disana,” papar Syarif.

Di lokasi yang sama, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna turut mendukung adanya program Kelas Inspirasi di sekolah. Karena menurutnya, cerita inspirasi dari orang yang didatangkan dari luar sekolah dapat memberikan semangat positif dan lebih dalam diri siswa.

“Mana tahu nanti anak-anak kita juga ada yang menjadi orang sukses di masa depan dari berbagai bidang yang mereka geluti. Kelas Inspirasi ini diharapkan juga hadir di sekolah-sekolah lainnya,” terang Pradi.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Depok Purnomo menyebut, sebanyak 50 siswa kelas VII-IX mengikuti Kelas Inspirasi yang digagas oleh komite sekolah dan dewan sekolah tersebut.

Program ini dibentuk sebagai upaya menanamkan semangat belajar pada anak didik. Selain itu juga mendorong mereka untuk serius dalam mewujudkan cita atau mimpi-mimpinya.

“Kompetensi anak itu multidimensi, bukan hanya akademik. Karena itu kami ingin menghadirkan satu contoh orang yang sukses dari pengalaman,” tuturnya.

Dikatakannya, poin yang ingin ditanamkan kepada para peserta adalah banyak cara menempuh kesuksesan. Namun intinya, untuk meraih itu harus dilakukan dengan penuh kesungguhan dan ketulusan

“Karena itu, para pelajar yang hadir adalah orang-orang pilihan yang dalam catatan kami memiliki semangat yang tinggi dalam belajar,” pungkas Purnomo. (san)