PPDB SMPN Aman, Kecewa di Pra Pendaftaran

In Metropolis
KONDUSIF: Panitia PPDB di SMP Negeri 1 Depok sedang melayani orangtua calon siswa yang menanyakan informasi seputar PPDB, kemarin. Foto : SANI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP Negeri, sudah dimulai kemarin dan hari ini. Pendaftaran jalur prestasi dan perpindahan orangtua ini, bisa dibilang kondusif. Hanya saja kemarin, saat dibuka tahapan pra pendaftaran bagi siswa yang berasal dari luar Kota Depok dibuat kecewa. Alasannya, orangtua tidak bisa mendapatkan token (PIN) dari operator sekolah, lantaran sebab server pra pendaftaran ditutup pukul 12:00 WIB.

Salah satu orangtua siswa yang mendaftar di SMP Negeri 2 Depok, Santi mengaku, kecewa dengan prosedur PPDB pra pendaftaran. Operator bagian pra pendaftaran, tidak bisa melayaninya yang telah menunggu lama sejak pagi. Ini dikarenakan server pelayanan telah ditutup, sehingga mengharuskan dirinya kembali pada esok hari.

“Operatornya bilang server untuk mendapatkan tokennya ditutup otomatis jam 12:00. Saya urutannya masih di 30-an, dan yang baru bisa dilayani baru ke 20-an. Terpaksa besok balik lagi pagi-pagi,” katanya kepada Radar Depok, kemarin.

Pantauan Radar Depok di SMP Negeri 2, ada beberapa orangtua yang belum mendapatkan giliran memberikan usul kepada petugas pra pendaftaran di sekolah untuk menambah operator pelayanan. Sebab, hanya ada satu operator yang melayani seluruh calon pendaftar untuk mendapatkan token.

“Harusnya ditambah lagi operatornya jangan satu orang saja. Supaya cepat dan semuanya bisa terlayani,” ujar salah satu orangtua.

Guna mengakali agar tidak memicu pembludakan pendaftar, petugas pra pendaftaran akhirnya menandai batas akhir calon peserta didik yang telah terlayani. Supaya pendaftar yang telah menulis di buku absen dapat didahului dibanding pendaftar yang datang pada hari berikutnya.

Berbeda dengan di SMP Negeri 1 Depok yang berlokasi di Jalan Raya Pemuda, Kelurahan Depok, Pancoranmas. Suasana di masing-masing ruangan pendaftaran terpantau kondusif. Calon siswa yang mengambil token di ruang pra pendaftaran pun hanya sembilan orang.

“Disini hanya sembilan orang yang datang untuk ambil token,” papar operator pra pendaftaran SMPN 1 Depok, Kecuk Tri Prasetya.

Terpisah, Sekretaris PPDB 2019 Kota Depok, Bahrudin membenarkan adanya penutupan server pada pukul 12:00 WIB, hal itu sudah tertera dalam petunjuk teknis (juknis) PPDB. Namun karena adanya laporan dari sekolah terkait masih terdapat orangtua yang belum terlayani. Sehingga pihaknya menghubungi PT Telkom sebagai penyelenggara untuk membuka servernya kembali.

“Memang benar dibatasi pengambilan token dari pukul 08:00-12:00 WIB. karena laporan dilapangan, akhirnya pelayanan dibuka kembali sampai sore. Tapi khusus berkas yang sudah masuk batasannya pukul 12:00, lewat dari itu kembali lagi besok,” paparnya.

Dia menyebut, operator sekolah hendaknya menerima langsung berkas yang dibawa oleh orangtua sebelum pukul 12:00 WIB. Dengan begini pelayanan akan tetap berjalan sampai sore. Bahrudin juga menuturkan, bahwa token yang telah diterima oleh calon peserta didik dapat digunakan pada saat pendaftaran melalui online saat 4 dan 5 Juli 2019.

“Mudah-mudahan semuanya berjalan kondusif sesuai dengan harapan,” tandasnya.

Sebagai informasi, PPDB SMP Negeri di Kota Depok dibagi kedalam dua pelakasanaan. Pada 27-28 Juni 2019 diperuntukkan bagi siswa berprestasi akademik dan non-akademik tingkat Provinsi-Internasional. Lalu jalur perpindahan orangtua.

“Jalur prestasi 27 dan 28 Juni 2019 kuotanya 8 persen, dan perpindahan orangtua hanya 5 persen,” kata panitia PPDB di SMPN 1 Depok, Dwi Kurnaningsih. (san)

You may also read!

perumahan sawangan elok fogiing

Perumahan Sawangan Elok Difogging : Warga Apresiasi Kuda Depok

SEMBURKAN ASAP : Anggota Kuda Depok sedang mengasapi lingkungan perumahan Sawangan Elok, di Kelurahan Duren

Read More...
XL axiata direksi baru

XL Axiata Tetapkan Susunan Direksi Baru

RUPSLB : (ki-ka) Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Direktur &

Read More...
puskesmas cimanggis roadshow

Puskesmas Cimanggis Roadshow Gema Lawan Covid-19

SOSIALISASI : UPTD Puskesmas Cimanggis melakukan roadshow Gerakan Bersama (Gema) Lawan Covid-19, di Posyandu Bhakti,

Read More...

Mobile Sliding Menu