Beranda Satelit Depok Puskesmas Harjamukti Pantau Kesehatan Lansia

Puskesmas Harjamukti Pantau Kesehatan Lansia

0
Puskesmas Harjamukti Pantau Kesehatan Lansia
PEDULI LANSIA : Para lansia di Kelurahan Harjamukti sedang bersap untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dengan petugas medis dari UPF Puskesmas Harjamukti. Foto : INDRA SIREGAR  / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, HARJAMUKTI – Kesehatan masyarakat merupakan prioritas dari Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Harjamukti. Tidak hanya anak-anak dan orang dewasa, para lansia di Kelurahan Harjamkuti, Cimanggis pun tidak luput dari perhatian.

Untuk itu, UPF Puskesmas Harjamukti selalu rutin memantau kesehatan lansia dengan melakukan pemantauan di Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang ada di Kelurahan Harjamukti.

Kepala Puskesmas Harjamukti Rahma Dewi mengatakan, pihaknya rutin memantau kesehatan lansia saat pelaksanaan Posbindu di setiap wilayah. Pemeriksaan dilakukan langsung oleh tenaga kesehatan Puskesmas yang datang ke lokasi tersebut.

“Lansia kerap datang ke Posyandu dan Posbindu untuk memeriksakan kesehatan, kami juga selalu mengingatkan untuk rutin cek kesehatan,” kata Rahma.

Ia menuturkan, pemeriksaan khusus lansia juga dilakukan di Puskesmas. Melalui program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis), bagi peserta BPJS Kesehatan ada pemeriksaan laboratorium oleh kimia farma setiap enam bulan sekali.

“Kami juga ada senam bersama lansia agar kebugaran mereka tetap optimal,” katanya.

Rahma Dewi berharap dengan upaya yang dilakukan dalam maksimal memantau kesehatan lansia, para lansia di Harjamukti bisa meningkatkan kualitas kesehatan mereka guna terwujudnya lansia yang tangguh dan sehat di Kota Depok.

“Semoga para lansia di Depok selalu sehat dan bugar setiap saat,” tutupnya. (dra)