Beranda Satelit Depok Rantangan Lebaran Betawi Depok

Rantangan Lebaran Betawi Depok

0
Rantangan Lebaran Betawi Depok
RENCANAKAN: Lapangan terbuka perumahan Sawangan Village, Kecamatan Sawangan, akan menjadi kegiatan KOOD, kemarin. Foto : DICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) Kota Depok akan menggelar Lebaran Orang Betawi Depok. Rencana kegiatan tersebut dilaksanakan dilapangan terbuka Perumahan Sawangan Village, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan.

Ketua Panitia Penyelenggara Lebaran Orang Betawi Depok, Sudadih mengatakan, kegiatan Lebaran Orang Betawi Depok merupakan ajang silahturahmi sekaligus Halalbihalal KOOD Kota Depok. Kegiatan tersebut untuk memperkuat dan mempersatukan anggota KOOD Kota Depok ditiap kecamatan.

“Akan diselenggarakan pada 7 Juli 2019,” ujar Sudadih kepada Radar Depok, kemarin.

Sudadih menjelaskan, untuk lokasi kegiatan Lebaran Orang Betawi Depok bertempat dilapangan terbuka perumahan Sawangan Village, Kecamatan Sawangan. Nantinya, kegiatan tersebut akan menggelar tradisi rantangan yang menjadi ciri khas masyarakat Kota Depok setiap Hari Raya Idul Fitri. Menurutnya, tradisi Rantangan ditengah masyarakat mulai menghilang, untuk itu KOOD akan mengembalikan tradisi tersebut untuk hidup kembali ditengah masyarakat.

Selain rantangan, lanjut Sudadih akan ada penampilan pentas seni dan budaya, seperti pencak silat dan lenong yang akan diperankan anggota KOOD. Sudadih menambahkan, ada sejumlah gebrakan lainnya yang akan dipertunjukan KOOD sehingga masyarakat maupun KOOD akan mengenang kehidupan masyarakat Kota Depok tempo dulu.

“Kami berencana akan mengundang paguyuban Minang dan Pasundan maupun wilayah lainnya,” pungkas Sudadih. (dic)