RW24 Mekarjaya jadi Percontohan Kampung Iklim

In Satelit Depok
MONITORING : Petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok meninjau lokasi program Kampung Iklim di RW24 Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya. Foto : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memasukkan RW24 Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya dalam program Kampung Iklim. Diharapkan, program tersebut dapat menjadi percontohan bagi lingkungan lain.

Saat dikonfirmasi Radar Depok, Lurah Mekarjaya, Zainal Arifin mengaku bangga salah satu RW di wilayahnya masuk dalam program tersebut.

“Memang belum pernah melihat langsung, saya dengar ini bagus. Nanti akan saya meninjau langsung,” kata Zainal -Sapaannya-.

Menurut Zainal, program tersebut harus benar-benar dikembangkan dan kedepannya dapat menjadi percontohan bagi wilayah lain. Sebab, dapat memenuhi salah satu visi Kota Depok, yakni nyaman.

“Lahan terbuka hijau sangat dibutuhkan untuk warga. Ini bisa dimulai dari lingkungan yang kecil dulu,” paparnya.

Kampung Iklim sendiri, lanjut Zainal, merupakan program nasional yang penerapannya melibatkan masyarakat untuk menjaga kelestarian serta menghijaukan lingkungannya. Hal ini, kata dia, untuk mencegah perubahan iklim, seperti pemanasan global.

“Salah satu caranya dengan menanam, dan ada berbagai cara lainnya. Ini harus diperhatikan serta berjalan secara bersama dengan pemerintah,” lanjutnya.

Terpisah, Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati mengungkapkan, pihaknya tengah membidik RW24 Kelurahan Mekarjaya untuk memperluas skala Kampung Iklim yang sudah ada. Melalui program ini, kata dia, ada beberapa yang harus ditambahkan, diantaranya sumur biopori, sumur resapan, pemilahan sampah, bank sampah, dan lainnya.

“Mereka harus menambahkan lahan hijaunya. Nanti, kita akan berikan beberapa bantuan, seperti pot, bibit dan alat biopori. Akan kita bimbing dan beri sosialisasi, yang terpenting adalah semangat warganya,” ungkap Etty.

DLHK pun gencar bersosialisasi untuk melakukan pembenahan sarana dan prasarana untuk menjadi wilayah Kampung Iklim. Etty menambahkan, selain Mekarjaya, salah satu RW di Bojongsari juga ditetap menjadi Kampung Iklim.

“Nanti akan terus dilakukan di seluruh wilayah di Kota Depok,” pungkasnya. (arn)

You may also read!

perumahan sawangan elok fogiing

Perumahan Sawangan Elok Difogging : Warga Apresiasi Kuda Depok

SEMBURKAN ASAP : Anggota Kuda Depok sedang mengasapi lingkungan perumahan Sawangan Elok, di Kelurahan Duren

Read More...
XL axiata direksi baru

XL Axiata Tetapkan Susunan Direksi Baru

RUPSLB : (ki-ka) Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Direktur &

Read More...
puskesmas cimanggis roadshow

Puskesmas Cimanggis Roadshow Gema Lawan Covid-19

SOSIALISASI : UPTD Puskesmas Cimanggis melakukan roadshow Gerakan Bersama (Gema) Lawan Covid-19, di Posyandu Bhakti,

Read More...

Mobile Sliding Menu