Beranda Satelit Depok Sabojong Dukung Rencana Perda Pemkot Depok

Sabojong Dukung Rencana Perda Pemkot Depok

0
Sabojong Dukung Rencana Perda Pemkot Depok
BANDEL: Kendaraan terpakir di telah diberikan rambu dilarang parkir di Jalan Raya Ciputat-Parung, Kecamatan Bojongsari, kemarin. Foto : DICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, SABOJONG – Pemerintah Kota Depok berencana akan membuat Peraturan Derah (Perda) tentang kewajiban memiliki garasi bagi pemilik kendaraan roda empat. Rencana tersebut disambut baik masyarakat Kecamatan Sawangan dan Bojongsari (Sabojong) untuk mencegah kendaraan yang parkir menggunakan bahu jalan lingkungan.

Ketua LPM Kelurahan Cinangka, Suherman Firdaus mengatakan, Pemerintah Kota Depok telah mengajukan 10 Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda). Salah satu Perda tersebut mengatur tentang kewajiban memiliki garasi untuk pemilik kendaraan roda empat.

“Kami sangat setuju karena parkir dibahu jalan akan membuat sempit khususnya di jalan lingkungan,” ujar suherman kepada Radar Depok, kemarin.

Selain membuat sempit, lanjut Suherman mobil yang tidak terparkir di garasi akan menganggu kenyamanan masyarakat maupun pengguna jalan. Dari sisi keamanan, parkir menggunakan bahu jalan akan menimbulkan kerawanan kriminalitas, salah satunya pencurian kendaraan. Untuk itu, Perda yang mengatur tentang kendaraan roda empat dapat terlaksana di Kota Depok.

Hal senada juga dilontarkan Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kahfi mengungkapkan, Propemperda selain berdampak mengatur parkir mengguna jalan, dapat menekan pertumbuhan jumlah kendaraan yang tidak seimbang dengan kemampuan jalan untuk menampung kendaraan, sehingga berdampak pada kemacetan lalu lintas. Apalagi pertumbuhan dan peningkatan jalan di Kota Depok belum mengalami peningkatan yang siginifikan sehingga infrasturktur jalan belum seimbang dengan jumlah kendaraan yang terus meningkat ditiap tahunnya.

“Secara tidak lansung pengaturan kendaraan roda empat dapat mengurangi titik kemacetan,” tutup Kahfi. (dic)