Beranda Metropolis Sekoper Cinta Tekan Kasus Rumah Tangga

Sekoper Cinta Tekan Kasus Rumah Tangga

0
Sekoper Cinta Tekan Kasus Rumah Tangga
MAJU BERSAMA: Istri Walikota Depok, Istri Wakil Walikota Depok bersama Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok meluncurkan Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta), di Kelurahan Bojong Pondok Terong, Rabu (19/6). Foto : DPAPMK FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) meluncurkan program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta), kemarin (19/6). Program ini diharapkan mampu membantu pemerintah menurunkan kasus-kasus pertikaian di rumah tangga.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Depok, Sri Utomo mengatakan, program Sekoper Cinta yang digagas oleh Gubernur Jawa Barat ini dapat menjadi wadah bagi perempuan untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman. Serta diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan.

“Program ini diharapkan mampu menurunkan kasus perceraian, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), gizi buruk dan lain-lain. Selain itu, Sekoper Cinta juga bisa menjadi jembatan bagi perempuan untuk dapat meningkatkan kapasitas dirinya atas permasalahan yang dihadapi,” kata Sri kepada Radar Depok, kemarin.

Dia menuturkan, bahwa sebelum peluncuran program ini. DPAPMK Kota Depok telah menyosialisasikan isi program kepada para ibu-ibu rumah tangga termasuk PKK. Termasuk muara akhir dari terbitnya program ini yakni menjadi wadah bagi perempuan Depok untuk berkarya.

Dalam kegiatan perdananya digelar di lokasi Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) RW 10, Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Kecamatan Cipayung.

“Di awal kegiatannya kami menyasar 100 warga binaan yang bakal mengikuti program sekoper cinta,” terang Sri Utomo.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok, Elly Farida menambahkan, sebelumnya Pemkot Depok juga telah melakukan program serupa, seperti sekolah pranikah dan yang terbaru sekolah ayah bunda.

“Kami juga punya program serupa, mudah-mudahan produk Kota Depok ditambah dengan Sekoper Cinta bisa semakin memberdayakan peran masyarakat di lingkungan,” papar Elly. (san)