Simak UI Mulai Dari Rp400 Ribu

In Utama

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Calon mahasiswa di Kota Depok yang masih berkeinginan masuk kampus negeri. Bisa coba adu nasib di pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI). Sedari 10 Juni hingga 10 Juli 2019 mendatang UI, membuka kesempatan di tahun ajaran 2019/2020. setiap pendaftar akan dikenakan biaya mulai Rp400 ribu.

Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia, Rifelly Dewi Astuti mengatakan, seleksi calon mahasiswa melalui SIMAK UI, diperuntukkan bagi seluruh fakultas di salah satu kampus ternama di Indonesia tersebut. Pendaftaran melalui jalur ini terbuka dari D3 Vokasi, S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, S1 Ekstensi, Profesi, Spesialis, Magister, hingga Doktoral.

“Pendaftaran Simak UI berbarengan dengan SBMPTN, bedanya pendaftaran ditutup 10 Juli mendatang. Lalu mulai ujian kelas internasional 14 Juli dan secara keseluruhannya pada 21 Juli 2019,” kata Rifelly kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Apabila siswa lulusan SMA yang tidak lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat mendaftar melalui Simak UI. Pendaftarannya dilakukan secara online di lama penerimaan.ui.ac.id. Pengumuman pun juga akan dilakukan di laman yang sama pada saat pendaftaran.

Rifelly menjelaskan, calon mahasiswa dapat menentukan pilihan lokasi ujian Simak UI. Pihak kampus menyediakan beberapa pilihan, di antaranya Bogor, Bekasi, Tangerang, Bandung, Tangerang Selatan, Pekanbaru, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Padang, Medan, Makassar, Depok, Serang, dan Cirebon.

“Khusus untuk lokasi ujian SIMAK Kelas Internasional, Spesialis dan Pascasarjana FIK hanya bisa memilih lokasi ujian di Kampus UI Depok,” jelasnya.

Materi yang akan diujiankan dalam Simak UI terbagi dalam dua kategori, yakni Saintek dan Soshum. Jenis dan materi akan berbeda setiap program sekolah yang calon mahasiswa hendaki.

Terkait biaya seleksi, sambungnya besaran biaya dibedakan sesuai tujuan fakultas atau sekolah. Rinciannya, D3 Vokasi, S1 Reguler, dan S1 Paralel sebesar Rp400 ribu untuk dua pilihan pertama IPA/IPS. Atau Rp500 ribu untuk tiga pilihan pertama IPC dan tambahan Rp60 ribu untuk satu pilihan selanjutnya. Maksimal satu calon mahasiswa mengambil enam program studi.

“Untuk S1 Kelas Internasional Rp1.300.000, S1 Ekstensi Rp.650 ribu, Spesialis dan Doktoral Rp1.300.000, Profesi dan Magister Rp 1 juta,” ungkap Rifelly.

Bagi lulusan SMA sederajat yang sudah memiliki nilai Ujian Tulis Berstandar Komputer (UTBK), mereka juga bisa memilih UI sebagai pilihan PTN di SBMPTN. Pendaftaran dibuka mulai 10 Juni-24 Juni 2019 di situs pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Adapun kuota penerimaan UI untuk lulusan SMA sederajat, meliputi S1 Reguler 30 persen, SNMPTN 40% dan 30 persen untuk SIMAK UI. Kemudian S1 Paralel 50 persen PPKB dan 50 persen SIMAK UI.

“D3 (Vokasi) 70 persen PPKB dan 30 persen SIMAK UI, lanjut S1 Kelas Internasional 40 persen Talent Scouting, dan 60 persen SIMAK Kelas Internasional,” beber Rifelly.

Sementara, salah satu siswa SMA, Hendarsih mengaku, sangat ingin mencoba masuk S1 di UI. Menurutnya, dengan mendaftar sejumlah uang yang sudah ditetapkan semoga bisa lolos. “Besaran pedaftaran lumayan besar juga ya. Tapi, semoga saya bisa masuk,” tutur perempuan yang sekolah di Kecamatan Sukmajaya.(san)

You may also read!

perumahan sawangan elok fogiing

Perumahan Sawangan Elok Difogging : Warga Apresiasi Kuda Depok

SEMBURKAN ASAP : Anggota Kuda Depok sedang mengasapi lingkungan perumahan Sawangan Elok, di Kelurahan Duren

Read More...
XL axiata direksi baru

XL Axiata Tetapkan Susunan Direksi Baru

RUPSLB : (ki-ka) Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Direktur &

Read More...
puskesmas cimanggis roadshow

Puskesmas Cimanggis Roadshow Gema Lawan Covid-19

SOSIALISASI : UPTD Puskesmas Cimanggis melakukan roadshow Gerakan Bersama (Gema) Lawan Covid-19, di Posyandu Bhakti,

Read More...

Mobile Sliding Menu