Tersisa 508 Koper Haji

In Utama

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Keberangkatan jamaah haji ke Arab Saudi tinggal menghitung hari. Para jamaah calon haji Kota Depok Kloter 1 pada Gelombang I akan mulai diberangkatkan, Senin (8/7). Sejumlah persiapan pun terus dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok. Hingga saat ini sudah ada 1.200 koper haji yang diambil dan dibagikan kepada jamaah.

Meski begitu, untuk jamaah haji Gelombang II masih ada tersisa 508 koper yang belum diambil dari Kanwil Jabar. Terkait hal ini, Kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Depok, Hasan Basri menegaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan pengajuan untuk pengambilan sisa koper tersebut.

“Sudah kami siapkan dan segera dikirimkan ke Kanwil Jabar pengajuannya pengambilan koper para jamaah, tersisa 508 koper lagi. Selain itu tinggal menunggu proses pemisaan (visa, Red) dari kedutaan,” ungkap Hasan kepada Radar Depok, kemarin (25/6).

Menurut Hasan, Kemenag Depok terus komunikasi dengan Kanwil Jabar dalam persiapan menjelang pemberangkatan jamaah, termasuk pengajuan data pengambilan koper.

“Pelepasan Kloter 1 nantinya akan dilakukan pada 8 Juli di Balaikota Depok, dan akan dilepas oleh Walikota. Sementara keberangkatan jamaah haji Jabar bakal menggunakan Saudi Airline. Kami harap, para jamaah tetap sabar menunggu rilis masuknya nama jamaah ke kloter,” terang Hasan.

Sementara itu, Staf Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Depok, Arif Wibisono menyatakan, dalam pengambilan koper jamaah hanya perlu membawa foto copy KTP dan bukti pelunasan ongkos haji. Seluruh persyaratan yang harus disiapkan jamaah selama mengikuti prosesi haji telah disampaikan dalam giat manasik haji. Baik di tingkat Kota Depok maupun tingkat kecamatan.

“Koper jamaah haji Jabar berwarna hijau. Nantinya, jamaah tidak boleh membawa barang melebihi dari 32 Kilogram di koper,” ujar Arif kepada Radar Depok.

Arif menuturkan, gelang barcode bagi jamaah akan didapatkan saat berada di asrama. Perlu diketahui, tahun ini jumlah jamaah haji Kota Depok mencapai 1.708 jamaah, terdiri dari jamaah jalur mandiri dan dari unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Serta TPHI (Ketua Kloter lima orang) dari Kota Depok, TPIHI dua orang, dokter, perawat, tim kesehatan (TKHI), dan TPHD.

“Dari total tersebut jamaah berasal dari jalur mandiri dan unsur KBIH. Ada 15 KBIH yang masuk rombongan jamaah haji Depok,” ucap Arif.

KBIH yang dimaksud yaitu KBIH Umul Quro, Khazanah Mandiri, Alkarimiyah, Alfurqon, Annajmiah, Arrahmaniyah, Attiya, Al-Muna, Al-Hamidiyah, Ibnu Hasan, Al-Manar, Assuriya, Azzam, Al-Hakimiyah, dan Al-Hikmah.

Persiapan di Tanah Suci Tuntas

Terpisah, Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan seluruh persiapan di Tanah Suci telah rampung.

“Alhamdulillah persiapan di Tanah Suci saat ini sudah tuntas,” kata Menag Lukman Hakim Saifuddin dalam acara Pembekalan Petugas Media Center Haji 1440H/2019H di Kantor Kemenag, Jakarta, Selasa (25/6).

Dia menjelaskan, seluruh hotel-hotel yang akan ditempati oleh jamaah haji, baik di Madinah maupun di Mekah telah siap. “Juga katering untuk menyiapkan konsumsi juga transportasi, jadi praktis seluruh persiapan di tanah suci l, termasuk di Masyair, di Muzdalifah, di Mina, di Arafah itu sudah kita siapkan sebaik-baiknya,” tutur dia.

Menurut dia, pihaknya fokus terhadap persiapan haji di tanah air, khususnya terkait dengan penyelesaian dokumen-dokumen perjalanan seperti paspor dan visa. “Sambil terus menunggu sebagian kecil saja jamaah kita yang belum melakukan pelunasan biaya haji, meskipun kita sudah menyiapkan 5 persen dari total kuota yang ada sebagai cadangan untuk mengantisipasi,” ucapnya.

“Katering untuk menyiapkan konsumsi juga transportasi, jadi praktis seluruh persiapan di tanah suci l, termasuk di Masyair, di Muzdalifah, di Mina, di Arafah itu sudah kita siapkan sebaik-baiknya,” tutur dia.

Menurut dia, pihaknya fokus terhadap persiapan haji di tanah air, khususnya terkait dengan penyelesaian dokumen-dokumen perjalanan seperti paspor dan visa. “Sambil terus menunggu sebagian kecil saja jamaah kita yang belum melakukan pelunasan biaya haji, meskipun kita sudah menyiapkan lima persen dari total kuota yang ada sebagai cadangan untuk mengantisipasi,” ucapnya. (gun/ok/ant)

You may also read!

perumahan sawangan elok fogiing

Perumahan Sawangan Elok Difogging : Warga Apresiasi Kuda Depok

SEMBURKAN ASAP : Anggota Kuda Depok sedang mengasapi lingkungan perumahan Sawangan Elok, di Kelurahan Duren

Read More...
XL axiata direksi baru

XL Axiata Tetapkan Susunan Direksi Baru

RUPSLB : (ki-ka) Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Direktur &

Read More...
puskesmas cimanggis roadshow

Puskesmas Cimanggis Roadshow Gema Lawan Covid-19

SOSIALISASI : UPTD Puskesmas Cimanggis melakukan roadshow Gerakan Bersama (Gema) Lawan Covid-19, di Posyandu Bhakti,

Read More...

Mobile Sliding Menu