Beranda Satelit Depok Tugu Galakkan 3M Plus

Tugu Galakkan 3M Plus

0
Tugu Galakkan 3M Plus
PELAYANAN KESEHATAN : Masyarakat sedang mengantri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di UPF Puskesmas Tugu. Foto : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, TUGU – Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Tugu, Cimanggis, terus memberikan penyuluhan kepada warga Tugu dalam memberantas perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti. Salah satunya dengan menggalakkan 3M Plus terhadap nyamuk penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) tersebut.

“Penyuluhan ini rutin kita berikan ke masyarakat, baik saat sedang berobat di Puskesmas maupun pada kegiatan rapat koordinasi (rakor) di tingkat kelurahan, guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pencegahan DBD,” tutur Kepala UPF Puskesmas Tugu, Eka Kurniati, Senin (17/6).

Menurutnya, dalam setiap penyuluhan, pihaknya menyampaikan langkah-langkah pencegahan agar tehindar dari DBD. Antara lain, dengan menerapkan 3 M plus yaitu, menguras tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, dan mengubur sampah yang dapat menampung air hujan serta menghindari dari gigitan nyamuk.

“Selain itu, gunakan kelambu saat tidur bagi keluarga yang tidak cocok dengan obat nyamuk semprot atau bakar. Kemudian tidak menggantung pakaian di balik pintu, karena akan menjadi tempat hinggap nyamuk,” ujarnya.

Dia berharap agar penyuluhan tersebut dapat diterapkan oleh warga dalam kehidupan sehari – hari guna mencegah timbulnya suspek penyakit DBD.

“Jika kegiatan 3M plus dilaksanakan dengan baik, Insya Allah kita akan terhindar dari DBD,” pungkasnya. (dra)