Beranda Satelit Depok WBP Rutan Cilodong Meningkat

WBP Rutan Cilodong Meningkat

0
WBP Rutan Cilodong Meningkat
BINAAN : Para WBP di Rutan Kelas II B Cilodong yang beralamat di Jalan M. Nasir No. 52 Kelurahan/Kecamatan Cilodong. Foto : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, CILODONG – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan II B Cilodong mengalami kenaikan pada tahun 2019. Namun, kenaikan sekitar 300 orang tersebut di dominasi dari wilayah lain, seperti Jakarta dan Bogor.

Kepala Rutan II B Cilodong Depok, Ika Bawono Sutomo mengatakan, tahun 2018 ada 1300 warga binaan yang terdaftar dalam Rutan Cilodong, memang ada peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya ke tahun ini.

“Memang semuanya bukan dari wilayah Depok saja, ada yang dari DKI. Kemarin saja kami menerima sekitar 60 warga binaan operan dari Lapas Cipinang dan Lapas Salemba,” jelas Ika Bawono kepada Radar Depok.

Namun, lebih jauh, Karutan menjelaskan hingga saat ini dari jumlah 1600 sudah mengalami penurunan menjadi 1587 warga binaan karena sudahada beberapa yang telah tuntas menjalankan masa pembinaannya.

Terkait potongan masa tahanan, Ika Bawono menuturkan ada sekitar 14 orang yang langsung bebas, dan ada 12 orang melanjutkan masa pembinaannya pada Dinas Sosial karena menyangkut anak dibawah umur.

“Untuk anak dibawah umur, kami serahkan ke kejaksaan, nanti dari kejaksaan diserahkan ke Dinas Sosial untuk menjalankan sisa waktu pembinaan. Jadi tugas kami di Rutan sudah usai membina anak anak itu,” pungkasnya. (arn)