RADARDEPOK.COM, DEPOK – Universitas Indonesia telah mengumumkan nama-nama calon mahasiswa baru yang berhasil diterima melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun Akademik 2019-2020, kemarin (9/7). Dari 30.145 pendaftar terpilih 2.291 orang yang kini menjadi bagian keluarga kampus UI, Kukusan, Beji.

Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia, Rifelly Dewi Astuti mengatakan, Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum paling banyak diminati pendaftar pada bidang Sosial dan Humaniora (Soshum). Kedua diikuti Prodi Pendidikan Dokter dalam bidang Sains dan Teknologi (Saintek).

“Pendaftar di Prodi Ilmu Hukum sebanyak 16.687 orang, sedangkan Prodi Pendidikan Dokter ada 13.458 orang. Kedua prodi ini menjadi primadona bagi calon mahasiswa,” kata Rifelly kepada Radar Depok.
Selain itu pendaftar melalui Bidikmisi UI berjumlah 2.712 orang, terdiri atas 1.165 pendaftar di Prodi bidang Saintek dan 1.547 pendaftar Prodi bidang Soshum. Pengumuman SBMPTN dapat dilihat melalui laman resmi UI mulai Selasa (9/7).

Rifelly menjelaskan, bagi calon mahasiswa baru yang lolos SBMPTN dapat langsung mengikuti beberapa mekanisme. Meliputi, konfirmasi pilihan kelas permohonan mekanisme pengajuan pembayaran melalui laman resmi UI paling lambat 12 Juli 2019 pukul 23:59 WIB.

“Para calon mahasiswa baru harus memperhatikan dengan seksama seluruh informasi  yang telah disiapkan, termasuk jadwal pemeriksanaan kesehatan,” jelasnya.

Mekanisme kedua adalah calon mahasiswa baru juga harus mengetahui pembayaran biaya pendidikan. Pastikan telah mengetahui Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) yang diperoleh saat pengumuman SBMPTN. Pembayaran Biaya Pendidikan dilakukan mulai 10 Juli 2019 hingga 17 Juli 2019 melalui BNI, BTN, Bank Permata, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, BRI dan Bank Bukopin.

Selanjutnya calon mahasiswa harus melakukan registrasi akademik, dimana mereka wajib hadir dan tidak dapat diwakilkan pada 17 Juli 2019 untuk Fakultas Kedokteran Gigi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, dan Ilmu Komputer.

“Sedangkan untuk 18 Juli 2019 khusus Fakultas Kedokteran, Teknik, Ilmu Pengetahuan Budaya, Psikologi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, dan Ilmu Administrasi,” pungkas Rifelly. (san)