KOMPAK : Camat Cipayung, Asep Rahmat (Kanan) bersama sejumlah lurah di Kecamatan Cipayung menunjukkan hasil panen pokcoy di KRPL kediaman Lurah Boponter Suryana Yusup yang beralamat di Perumahan Bella Cassa, Kelurahan Depok, Pancoranmas. Foto : ARNET/RADARDEPOK
KOMPAK : Camat Cipayung, Asep Rahmat (Kanan) bersama sejumlah lurah di Kecamatan Cipayung menunjukkan hasil panen pokcoy di KRPL kediaman Lurah Boponter Suryana Yusup yang beralamat di Perumahan Bella Cassa, Kelurahan Depok, Pancoranmas. Foto : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – ASN di Kecamatan Cipayung memanen sayur mayur dari program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang terdapat di kediaman Lurah Bojong Pondok Terong Suryana Yusup yang beralamat di Perumahan Bella Cassa, Kelurahan Depok, Pancoranmas.

Camat Cipayung, Asep Rahmat yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, dirinya secara pribadi mengapresiasi apa yang dilakukan Suryana Yusup. Pasalnya, KRPL sendiri merupakan program Kementrian Pertanian RI dengan tujuan setiap rumah mampu menghasilkan pangannya sendiri dengan menggunakan pekarangan rumahnya.

“KRPL Ini program yang baik untuk diterapkan di rumah warga. Alhamdulillah, kita bisa memanen dan merasakan manfaatnya dari KRPL di rumah Lurah Suryana Yusup,” kata Asep kepada Radar Depok, Selasa (9/7).

Menurut dia, dengan mencontohkan langsung akan lebih efektif dan mudah diterima masyarakat. Karena, manfaatnya bisa dilihat dan rasakan langsung. Sehingga, kemungkinan besar, masyarakat atau minimal tetangga bisa membuat program KRPL di rumah mereka.

“Kalau virus itu positif dan bermanfaat untuk kehidupan silakan menular, nggak masalah. Saya juga akan coba dirumah hitung-hitung kena tular dari pak Lurah,” tambah Asep sambil tersenyum.

Sementara, Lurah Boponter, Suryana Yusup mengungkapkan, dirinya sudah menerapkan program KRPL sejak dua tahun lalu, dimana tujuannya apa yang dipanen nanti dapat dimanfaatkan keluarga dan menjadi percontohan untuk masyarakat.

“Ada kangkung , pokcoy, tomat, dan cabe rawit. Semuanya pernah kita panen, sekarang lagi panen pokcoy,” kata Suryana Yusup.

Lebih jauh, Suryana menaruh harapan besar kepada masyarakat untuk lebih mandiri dalam pangan, manfaatkan pekarangan rumah. Sebab, dampaknya akan terasa ketika harga pangan melonjak tinggi.

“kan bisa digunakan saat sembako mahal, setidaknya mengurangi pengeluaran untuk keperluan di dapur. Kalau nggak luas rumahnya, pakai pot kan bisa tanem cabe rawit, cabe merah, tomat, dan lainnya,” harapnya.

Panen tersebut juga dihadiri Lurah Cipayung Herman, Lurah Cipayung Jaya Mustakim, Lurah Ratu Jaya Sobarudin, Lurah Pondok Jaya Mulyadi, serta beberapa staf Kecamatan. (arn)