Esther Gloria Abigail Mamesah (tengah) siswa SDN Beji 6 yang berhasil meraih medali perunggu di OSN tingkat Nasional. Foto : DINAS PENDIDIKAN FOR RADAR DEPOK
Esther Gloria Abigail Mamesah (tengah) siswa SDN Beji 6 yang berhasil meraih medali perunggu di OSN tingkat Nasional. Foto : DINAS PENDIDIKAN FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pelajar Kota Depok yang menjadi wakil Provinsi Jawa Barat di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) meraih prestasi gemilang. Dalam ajang tahunan yang berlangsung di Yogyakarta dari 30 Juni – 6 Juli 2019 tersebut, dua siswa jenjang pendidikan SMP dan satu siswa jenjang pendidikan SD berhasil menjadi juara.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohamad Thamrin mengatakan, untuk siswa yang dari jenjang SMP yang berhasil menjadi juara adalah siswa dari SMP Pribadi yakni Muhammad Suryadeva yang meraih medali emas di mata pelajaran Matematika, dan satu lagi siswa dari SMPN 3 Depok atas nama Azfa Radhiyya Hakim yang meraih medali perunggu dari mata pelajaran Matematika.

Sedangkan dari jenjang pendidikan SD, berhasil meraih medali perunggu yang diraih siswa dari SDN Beji 6 atas nama Esther Gloria Abigail Mamesah dari mata pelajaran Matematika.

“Ini adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan, dimana pelajar dari Kota Depok berhasil menjadi juara dalam OSN tingkat nasional,” ucapnya kepada Radar Depok.

Thamrin menjelaskan, saat berada di OSN tingkat nasional, tentunya persaingan menjadi lebih berat. Karena, yang menjadi pesertanya adalah siswa-siswa terbaik hasil seleksi dari tiap provinsi di Indonesia. Dimana, untuk ajang OSN tahun 2019 ini, perwakilan dari Provinsi Jawa Barat yang didalamnya termasuk Kota Depok, berhasil meraih 16 medali, dengan rincian dua medali emas, delapan medali perak, dan enam medali perunggu.

“Dengan raihan 16 medali tersebut, menjadikan Provinsi Jawa Barat sebagai provinsi peraih medali terbanyak di OSN 2019,” katanya.

Thamrin berharap, dengan adanya prestasi ini siswa-siswa dari Kota Depok memiliki semangat untuk meraih prestasi. Serta sekolah-sekolah juga semakin termotivasi mewadahi dan mengasah potensi dan bakat siswa, sehingga bisa meraih prestasi di masa depan.

“Tidak hanya sekolah saja, tetapi orang tua juga harus mendukung pendidikan untuk anaknya, dan juga pengembangan bakat anak dalam hal apapun, sebagai bekal mereka di masa depan,” tuturnya. (peb)

Azfa Radhiyya Hakim

 

Muhammad Suryadeva