PRESTASI: Pemberian hadiah Karnaval Budaya pada Lebaran Depok di lapangan terbuka Sawangan Village, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Minggu (7/7). Foto : DICKY/RADARDEPOK
PRESTASI: Pemberian hadiah Karnaval Budaya pada Lebaran Depok di lapangan terbuka Sawangan Village, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Minggu (7/7). Foto : DICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Kemeriahan Lebaran Orang Depok yang digelar Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) di lapangan terbuka Sawangan Village, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, berimbas kepada peserta Kelurahan Sawangan Baru. Pada Karnaval Budaya, Kelurahan Sawangan Baru menyabet gelar juara kedua pada perlombaan tersebut.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Masyarakat Kelurahan Sawangan Baru yang mengikuti Karnval Budaya sumringah. Pasalnya, pada Lebaran Depok Kelurahan Sawangan Baru dinobatkan menjadi juara kedua lomba Karnaval Budaya dengan disusul Kelurahan Sawangan menjadi juara pertama lomba tersebut.

Usai menerima penghargaan, Lurah Sawangan Baru, Cucu Suardi mengatakan, mendapatkan juara kedua merupakan hasil kerja keras dan upaya masyarakat baru berpartisipasi mengikuti karnval budaya. Hal itu menunjukan semangat dan kekompakan masyarakat meramaikan Lebaran Depok yang diinisasi KOOD.

“Penghargaan yang saya terima merupakan prestasi masyarakat Sawangan Baru,” ujar mantan kepala UPT Pasar Kemirimuka tersebut.

Pria asal Kelurahan Pasir Putih tersebut mengungkapkan, Kelurahan Sawangan Baru menurunkan sekitar 100 peserta untuk meramaikan festival budaya yang berasal dari perwakilan RT dan RW. Peserta menggunakan pakaian tradisional maupun pangsi yang menjadi ciri khas masyarakat Depok tempo dulu maupun jawara Depok.

Tidak hanya itu, lanjut Cucu peserta membawa rantang dengan berisi makanan beraneka ragam yang dikemas didalam rantang, seperti semur jengkol, sayur besan, ikan tembang dan gabus pucung, ikan perek, sayur lodeh, dan sejumlah makanan lainnya. Makanan tersebut dimakan bersama usai mengikuti Karnval Budaya dan penyelenggaraan rantangan.

“Hikmah dari kegiatan tersebut bahwa masyarakat Sawangan Baru mampu menjaga kekompakan dan kebersamaan,” tutup Cucu. (*)