BERAKTIFITAS : Pedagang ayam beraktifitas di lapak dagangnya di Pasar Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Minggu (7/7). Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
BERAKTIFITAS : Pedagang ayam beraktifitas di lapak dagangnya di Pasar Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Minggu (7/7). Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mulai merambat naik, meski memang harganya tidak melulu sama di tiap pasar tradisional di Kota Depok.

Salah satu yang mencolok, ialah kenaikan harga ayam potong. Kenaikan berkisar Rp2 ribu. Di pasar Tugu, Kecamatan Cimanggis, harga ayam boiler mengalami yang semula Rp38 ribu, kini menjadi Rp40 ribu.

Salah seorang penjual ayam disana, Zaenal (31) mengaku bila kenaikan ini baru terjadi sekitar dua hari belakangan. “Kenaikannya karena stok di peternak lagi sedikit,” ungkapnya kepada Radar Depok, kemarin (8/7).

Sementara untuk harga sembako lainnya, masih terpantau stabil. Misalnya, daging sapi menjadi di angka Rp110 ribu/Kg, sementara telur ayam Rp 22.500/Kg.

Kemudian, cabai keriting harganya malah turun. Semula Rp60 ribu/Kg menjadi Rp55 ribu/Kg. “Turun Rp5 ribu hari ini,” ujar Romlah (45), pedagang bumbu dapur.

Dia menambahkan, cabai rawit merah juga mengalami penurunan harga sebesar Rp5 ribu. “Sekarang harganya Rp50 ribu/Kg. Tadinya Rp55 ribu/Kg,” beber dia.

Pindah ke Pasar Cisalak. Sama seperti di Pasar Tugu, disana harga daging ayam juga mengalami kenaikan serupa : Rp2 ribu. Rohman (25), pedagang ayam, kenaikan mulai terjadi sejak Minggu (7/7).

“Sekarang menjadi Rp35 ribu/Kg. Padahal kemarin-kemarin masih di angka Rp33 ribu/Kg,” katanya.

Masih di Pasar Cisalak, harga sembako masih terpantau stabil. Mulai dari daging sapi, cabai, bawang, sampai sayuran.

Lain lagi dengan harga sembako di Pasar Kemiri. Disana, sejumlah bahan pangan malah naik. Cabai hijau besar naik Rp5 ribu/Kg, dari Rp35 ribu/Kg menjadi Rp40 ribu/Kg.

Lalu, Cabai merah keriting juga naik dengan kisaran serupa. Dari Rp52 ribu/Kg menjadi Rp57 ribu/Kg. Cabai rawit hijau naik Rp10 ribu/Kg, dari Rp50 ribu/Kg menjadi Rp60 ribu/Kg. Sedangkan Cabai rawit merah naik Rp5 ribu/Kg, dari Rp50 ribu/Kg menjadi Rp55 ribu/Kg.

Harga ayam potong Boiler dan Kampung pun juga mengalami pergerakan harga. Daging ayam potong di Pasar Agung berkisar Rp35 ribu/Kg, sementara ayam kampung Rp65 ribu/ekor.

Untuk di Pasar Kemiri, daging ayam boiler Rp38 ribu/Kg, lalu ayam kampung tembus Rp100 ribu/ekor.

Menanggapi adanya kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Depok, Anim Mulyana mengatakan, harga bahan pokok mulai naik sejak awal Juli 2019. Hal ini kemungkinan dipicu oleh gagal panen pada petani sebagai dampak dari kemarau.

“Harga cabai mulai naik sejak Rabu dan berangsur naik lagi sedikit pada Kamis. Akan tetapi hari ini harga cabai masih stabil, belum ada kenaikan lagi,” ucap Anim.

Menurutnya walaupun terjadi peningkatan ketersediaan bahan pokok di Depok masih tergolonga aman.

“Stok aman karena yang naik cuma cabai dan ayam untuk saat ini. Namun kami selalu memantau perkembangan harga dan ketersediaan bahan pokok ke pasar-pasar tradisional setiap hari,” imbuhnya.

Disdagin Kota Depok menghimbau kepada pedagang agar tidak mengambil untung terlalu besar. Sehingga tidak menyulitkan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan pokok. “Kami minta ke pedagang jangan berlebihan naikin harganya. Memang cabai lagi naik tapi jangan justru dimanfaatkan, kasihan masyarakat,” pungkas Anim. (dra/san)