Anggoro, Ketua LPM Kelurahan PGS
Anggoro, Ketua LPM Kelurahan PGS

RADARDEPOK.COM, DEPOK –  Dukungan Pemkot Depok dalam upaya kembali menghidupkan budaya orang Depok yang mulai dilupakan masyarakat, seperti tradisi Rantangan mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, salah satunya Ketua LPM Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS), Kecamatan Cimanggis, Anggoro.

Anggoro yang turut hadir dalam perhelatan Lebaran Orang Depok yang diinisiasi Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) dan diselenggarakan di lapangan terbuka Sawangan Village, Kelurahan Sawangan Baru, Sawangan akhir pekan lalu, meminta agar Pemkot Depok concern melestarikan budaya kota sejuta maulid.

“Lebaran Depok dapat menjadi momentum mendorong pelestarian budaya leluhur warga Depok yang kaya,” kata Anggoro kepada Radar Depok, Senin (8/7).

Menurutnya, Tradisi Rantangan yang selama ini sudah tidak ada lagi tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi masyarakat dengan diadakan kembali tradisi tersebut .

Selain itu, kesenian tradisional, pencak silat, tanjidor lenong dan aneka rupa jajanan khas Depok seperti dodol, geplak, eblek-eblek dan lainnya pun ditampilkan dalam even itu.

“Semuanya merupakan kekayaan tradisional yang perlu perhatian dan pelestarian karena makanan tradisional merupakan makanan sehat tanpa campuran bahan kimia,” paparnya.

Untuk itu, ia berharap, Pemkot Depok dapat menjadikan kegiatan ini menjadi agenda tahunan, agar generasi muda Depok tidak lupa akan budaya–budaya leluhurnya.

“Semoga Pemerintah Kota Depok mau membuatkan anggaran untuk kegiatan ini supaya anak–anak tidak hanya fokus pada game online saja, tapi bisa mempelajari budaya leluhur di sini,” ucap Anggoro. (dra)