TERBAIK: Mahasiswa UI meraih Juara 3 Dunia pada kompetisi robot Kapal Tanpa Awak di Amerika, beberapa waktu lalu. Foto : UI FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mahasiswa Universitas Indonesia yang tergabung dalam Autonomous Marine Vehicle Team UI (AMV UI), kembali mengharumkan nama bangsa pada ajang Kompetisi Robot kapal Internasional bertajuk “12th AUVSI Roboboat International” yang diselenggarakan di Florida, Amerika, beberapa waktu lalu.

Tim AMV UI berhasil meraih Juara 3 Dunia dengan mempertandingkan karya inovasi mahasiswa terkait Autonomous Surface Vehicle (ASV), berupa robot kapal atau juga dikenal sebagai kapal tanpa awak.

“Robot tersebut mampu bergerak otomatis tanpa campur tangan manusia, untuk patroli teritorial lautan yang sulit dimonitor oleh pemerintah,” ungkap Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti kepada Radar Depok.

Pada kompetisi ini peserta harus mampu melakukan beberapa misi yakni Navigation Test, Speed Challange, Find the path, Raise the Flag, dan Automated docking.

Tim AMV UI berhasil melakukan misi yang ditentukan dengan cukup baik, diamtaranya, mampu membuat kapal yang memiliki kecepatan, radius manuver, material yang mampu menunjang kapal dalam melakukan serangkain misi yang tertera seperti di atas. Selain kapal, Tim AMV UI juga membuat sebuah drone yang diluncurkan dari atas kapal dan harus bergerak secara autonomous untuk merekam sebuah gambar.

“Dari tampak aerial yang harus ditransmitkan kedalam sistem operasi kapal sehingga sangat menantang untuk dijalankan,” tuturnya.

Senada, Media Relations UI, Egia Etha Tarigan menuturkan, Tim AMV UI berhasil unggul di antara tim dari berbagai negara lainnya, diantaranya America, Puerto Rico, Mexico, Egypt, dan Indonesia.    “Sebelum berangkat ke USA, Tim AMV UI juga telah berhasil menjadi juara pertama tingkat ASEAN melalui inovasi Robot Makara 08 Mark II dalam  kompetisi “The 3rd ASEAN MATE Underwater Robot Competition,” terang Egia kepada Radar Depok.

Perlu diketahui, Tim AMV UI beranggotan 25 mahasiswa UI lintas ilmu, mulai dari Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, hingga Fakultas Matematika dan IPA.

Prestasi ini menunjukkan bahwa kemampuan dan kompetensi mahasiswa UI mampu diperhitungkan di tingkat dunia dan siap bersaing di level global.

“Diharapkan pencapaian ini dapat terus meningkatkan kemampuan sivitas akademika UI untuk bersaing di dunia internasional sebagai bentuk perwujudan Indonesia negara unggul dan maju,” pungkas Egia. (gun)