Beranda Satelit Depok Manfaatkan Sumbur Imbuhan

Manfaatkan Sumbur Imbuhan

0
Manfaatkan Sumbur Imbuhan
Juanda, Lurah Curug
Juanda, Lurah Curug

RADARDEPOK.COM, CURUG – Mulai memasukinya musim kemarau, Aparatur Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, mengajak masyarakat untuk membuat sumur imbuhan. Sumur imbuhan menjadi salah satu faktor untuk mengaantisipasi kekeringan yang dapat melanda sumur dirumah masyarakat.

Lurah Curug, Juanda mengatakan, sejak jauh hari Kelurahan Curug telah mengajak masyarakat untuk membuat sumur imbuhan. Menurutnya, sumur imbuhan dapat menampung air tanah dan cadangan air tanah dipermukaan sekitar. Dengan adanya sumur imbuhan dapat menyuplai air saat terjadi kemarau diwilayah Kelurahan Curug.

“Membuat sumur imbuhan, masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” ujar Juanda kepada Radar Depok, kemarin.

Juanda menjelaskan, sumur imbuhan dapat menggunakan lahan disekitar rumah masyarakat. Sumur imbuhan merupakan rangkaian penampungan air hujan, mulai dari atap disalurkan ke pipa paralon menuju tandon penampungan air berdiameter 20 cm dengan kedalaman 80 meter yang nantinya tandon ini dapat berfungsi juga untuk penjernihan air.

Selain sumur imbuhan, lanjut Juanda masyarakat dapat membuat sumur resapan yang memiliki manfaat tidak jauh dari sumur imbuhan, yakni mampu menampung dan sebagai cadangan air, baik untuk keperluan masyarakat keseharian, maupun membantu pengairan tanaman perkebunan maupun sawah diwilayah Curug.

“Sumur imbuhan dan resapan merupakan salah satu solusi untuk mencegah kekeringan dimusim kemarau,” tutup Juanda. (dic)