Beranda Satelit Depok Pembangunan Bak Penampung Air Mubazir

Pembangunan Bak Penampung Air Mubazir

0
Pembangunan Bak Penampung Air Mubazir
PENAMPUNGAN : Warga RT 04/06, Atikah menatap bak penampuan air bersih non pipa di Kampung Benda RT 04/06 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Depok. Foto : ARNET/RADARDEPOK
PENAMPUNGAN : Warga RT 04/06, Atikah menatap bak penampuan air bersih non pipa di Kampung Benda RT 04/06 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Depok. Foto : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Warga Kampung Benda terheran-heran dengan  keberadaan bak penampuang air yang terdapat di RT04/06 Kelurahan  Cipayung, Kecamatan Cipayung. Pasalnya, di saat musim kering seperti saat ini, adanya bangunan tersebut tidak dapat digunakan alias mubazir.

Salah seorang warga RT03/06 Kelurahan Cipayung, Siti Aminah mengungkapkan, sejak rampung akhir tahun 2018, bak penampuangan air yang usianya sudah lebih dari tujuh bulan ini sama sekali tidak dapat digunakan dan dirasakan manfaatnya oleh warga. Padahal, di wilayah tersebut sekarang dilanda kekeringan.

“Kami sekarang kesulitan air bersih. Bak penampungan itu tidak berfungsi dari awal jadi sampai sekarang. Warga tetap saja kesusahan dapat air, yang ada cuma pemasangan kran dan meteran airnya, airnya tidak bisa digunakan,” kata Aminah.

Aminah melanjutkan, yang membuat warga bertanya, di lokasi tersebut warga saja kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Namun, bak penampungan air malah dibangun.  Bahkan, saat musim kemarau, warga sampai bergotongroyong mengebor sumur hingga kedalaman 30 meter.

“Saya nggak tahu airnya darimana. Warga aja susah dapet airnya, di sini airnya sudah kering dan nggak bagus buat diminum. Saya saja sampe ngebor 3 sampai 4 kali coba, itu juga dengan kedalaman 30 meter,” ungkap ibu dua anak ini.

Hal ini pun dikeluhkan salah satu kader RT04/06, Atikah. Keberadaan bak penampungan air tidak jauh dari rumahnya. Tapi, tidak pernah melihat adanya tanda-tanda air yang keluar dari bak penampungan tersebut

“Bagaimana mau nyalurin air ke rumah-rumah, orang dari sana nggak ada mesin buat dapat air. Pipa pam atau mesin pompa juga nggak ada. Cuma bangunan fisik aja,” beber Atikah.

Proyek pengerjaan non pipa menggunakan APBD Kota Depok sebesar Rp600 juta, dengan dikerjakan PT. Belza Pratama. Pengerjaan ini berujuan untuk menjadi solusi warga sekitar yang kesulitan dalam mendapatkan air bersih. (arn)