Beranda Metropolis Perdan KTR Bakal Direvisi

Perdan KTR Bakal Direvisi

0
Perdan KTR Bakal Direvisi
IMBAUAN: Tampak terlihat stiker imbauan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di lingkungan Balaikota Depok. Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
IMBAUAN: Tampak terlihat stiker imbauan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di lingkungan Balaikota Depok. Foto : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota Depok tidak main-main dengan aturan soal larangan merokok. Dalam waktu dekat pemerintah bakalan merevisi  Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengungkapkan, revisi Perda ini sebagai bukti ketegasan dari Pemkot Depok untuk menciptakan suasana yang kondusif dan bebas asap rokok di kawasan tertentu.

“Kami ingin merevisi Perda KTR bahwa di Kota Depok benar-benar dilarang merokok. Jika ada yang melanggar, maka sanksinya tegas,” kata Pradi kepada Radar Depok, kemarin.

Namun isi peraturan daerah tersebut tidak akan sepernuhnya melarang masyarakat merokok, tetapi disediakan kawasan tertentu. Salah satu kawasan larangan merokok adalah Balaikota Depok.

Guna memaksimalkan sampainya perda KTR ke masyarakat, Pradi meminta bantuan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan sosialisasi perda tersebut. Seperti Dinas Kesehatan dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Selain itu, Pemkot Depok juga menggandeng lembaga swadaya masyarakat (LSM) No Topbacco Community untuk membantu sosialisasi. Menurut Pradi, revisi perda dapat dilakukan secepatnya supaya memiliki paying hukum yang jelas dalam proses penerapannya.

“Perda ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat supaya mereka tahu bahaya yang ditimbulkan asap rokok, khususnya pada anak-anak. Revisi bakal diajukan secepatnya dan mudah-mudahan cepat rampung,” tegasnya. (san)